UMM Institutional Repository

Perbedaan Pengungkapan diri Remaja pada Teman Komunikasi Offline dan Online

Muhammad, Fauzan (2015) Perbedaan Pengungkapan diri Remaja pada Teman Komunikasi Offline dan Online. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manusia berinteraksi dengan manusia lain telah menjadi inti dari kehidupan. Interaksi antar manusia merupakan rutinitas alamiah dalam fenomena hidup. Proses komunikasi saat ini dapat dilakukan melalui komunikasi langsung bertatap muka maupun komunikasi melalui internet online atau dunia maya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pengungkapan diri remaja pada komunikasi tatap muka dan komunikasi online. Subjek penelitian adalah remaja yang berusia antara 18 – 22 tahun, mahasiswa dan mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang. Peneliti mengambil sampel sejumlah 50 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik accidental sampling, yaitu subjek yang saat itu dijumpai oleh peneliti. Berdasarkan analisa hasil penelitian, bahwa ada perbedaan pengungkapan diri yang signifikan antara pengungkapan diri dengan teman sesame jenis offline dengan teman lawan jenis online. Berdasarkan mean dari masing-masing kelompok terbukti bahwa pengungkapan diri terhadap teman sesama jenis offline (35,61), lebih tinggi daripada lawan jenis Offline (29,24), maupun dengan sesama jenis Online (20,20), lawan jenis Online (17,24).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 12 Apr 2016 06:41
Last Modified: 12 Apr 2016 06:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26335

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo