UMM Institutional Repository

PERBEDAAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA MAHASISWA BARU DITINJAU DARI PERAN GENDER

M. Shalehuddin, (2014) PERBEDAAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA MAHASISWA BARU DITINJAU DARI PERAN GENDER. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Remaja adalah masa transisi antara masa kanak-kanak dan masa dewasa yang mencakup perubahan biologis, kognitif, sosial-emosional. Pada masa remaja terjadi penyesuaian sosial yang merupakan suatu proses penting dimana mereka dianggap mampu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sosialnya.Akan tetapi individu memiliki sifat atau karakteristik kepribadian yang berbeda apabila ditinjau dari peran gender. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penyesuaian sosial pada mahasiswa ditinjau dari peran gender.Teknik sampling dalam penelitian ini adalah aksidental sampling,. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala penyesuaian sosial dan skala peran gender (Bem Sex Role Inventory) dengan model skala likert. Jumlah subjek sebanyak 200 mahasiswa lakilaki dan perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan terhadap penyesuaian sosial pada mahasiswa ditinjau dari peran gender dengan menggunakan analisa satu jalur atau One Way Anova. Tipe gender androgini memiliki peran yang lebih tinggiterhadap penyesuaian sosial ( ̅ = 77, 54)dibandingkan dengan maskulin ( ̅ = 75, 89 ) dan feminim ( ̅ = 74, 62). Hipotesis dalam penelitian ini diterima, artinya terdapat perbedaan penyesuaian sosial pada mahasiswa ditinjau dari peran gender (F = 6,654, p = 0,000; p < 0,01).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 12 Apr 2016 04:24
Last Modified: 12 Apr 2016 04:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26295

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo