UMM Institutional Repository

KOMPETENSI INTERPERSONAL DENGAN KESEPIAN PADA REMAJA

SYIAMIYAH, AKIBAH (2014) KOMPETENSI INTERPERSONAL DENGAN KESEPIAN PADA REMAJA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesepian sering kali ditemukan pada kehidupan remaja. Karena pada masa remaja merupakan masa pencarian identitias diri. Bagi remaja yang tidak dapat mengatasi krisis identitas diri, ia akan mengalami penolakan dari lingkungannya. Penolakan ini yang akan membuat remaja tersebut mengalami perasaan kesepian. Untuk mengurangi perasaan kesepian, maka diperlukan kompetensi interpersonal yang baik, karena dengan memiliki kompetensi interpersonal yang baik, remaja dapat mengatasi krisis identitas yang dialaminya. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan kompetensi interpersonal dengan kesepian pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan dua skala yaitu skala kompetensi interpersonal dan skala kesepian. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 237 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada hubungan negatif antara kompetensi interpersonal dengan kesepian setelah dianalisa menggunakan korelasi product moment. Semakin tinggi kompetensi interpersonal yang dimililiki remaja maka semakin rendah pula kesepian yang dialami remaja (r = - 0,143 ; p = 0,028; p < 0,05).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 12 Apr 2016 03:08
Last Modified: 12 Apr 2016 03:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26241

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo