UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KESEPIAN PADA LANJUT USIA YANG TINGGAL DI PANTI WERDHA

Pratiwi, Wisudianti Putri (2014) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KESEPIAN PADA LANJUT USIA YANG TINGGAL DI PANTI WERDHA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kesepian merupakan salah satu permasalahan sosial yang terjadi akibat perubahan zaman. Perubahan pola kehidupan tradisional menuju pola kehidupan modern dalam masyarakat menyebabkan lansia lebih rentan untuk mengalami kesepian. Selanjutnya dukungan sosial adalah dukungan yang berhubungan dengan hal yang bersifat emosional atau menjaga keadaan emosi, afeksi/ekspresi. Pertemanan di masa lansia terfokus pada saling menemani dan memberikan dukungan, bukan pada pekerjaan atau pengasuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan kesepian pada lanjut usia yang tinggal di panti werdha. Penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi product moment yang ditemukan oleh Karl Pearson dengan menggunakan skala Likert dengan jumlah responden penelitian sebanyak 34 responden. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara dukungan sosial dengan kesepian pada lanjut usia yang tinggal di panti Werdha Pangesti Lawang dengan nilai kontribusi sumbangan sebesar 35,6%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 12 Apr 2016 02:20
Last Modified: 12 Apr 2016 02:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26205

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo