UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PENGATURAN BELAJAR DIRI PADA SISWA SMA

Ardhan, Lukman (2014) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PENGATURAN BELAJAR DIRI PADA SISWA SMA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaturan belajar diri adalah strategi yang digunakan agar tujuan pembelajaran tercapai. Pengaturan belajar diri ini dipengaruhi salah satu faktor lingkungan, yaitu dukungan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif antara dukungan sosial dengan pengaturan belajar diri. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan jumlah subjek 201 siswa SMA. Penelitian ini menggunakan skala dukungan sosial dan pengaturan belajar diri dengan model skala likert. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial dengan pengaturan belajar diri (r = 0,541 ; p = 0,000). Hal ini berarti semakin tinggi dukungan sosial maka pengaturan belajar diri semakin tinggi, begitu juga sebaliknya, dengan sumbangan efektif sebesar 29,3%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 12 Apr 2016 02:18
Last Modified: 12 Apr 2016 02:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26202

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo