UMM Institutional Repository

PENGARUH HOME PHARMACY CARE TERHADAP PENGETAHUAN PASIEN TENTANG OBAT ANTIBIOTIK GOLONGAN KUINOLON DAN PENGGUNAANNYA YANG BENAR (Asuhan Kefarmasian Untuk Pasien di Beberapa Apotek Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)

PRADANA, ADYKA (2014) PENGARUH HOME PHARMACY CARE TERHADAP PENGETAHUAN PASIEN TENTANG OBAT ANTIBIOTIK GOLONGAN KUINOLON DAN PENGGUNAANNYA YANG BENAR (Asuhan Kefarmasian Untuk Pasien di Beberapa Apotek Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adykaprada-37757-1-pendahul-n.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adykaprada-37757-2-bab1.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Home Pharmacy Care atau yang disebut juga pelayanan kefarmasian di rumah adalah pendampingan pasien oleh apoteker dalam pelayanan kefarmasian di rumah dengan persetujuan pasien atau keluarganya. Penggunaan antibiotik kuinolon dapat menyebabkan terjadinya efek samping yang berbahaya yaitu Stephen Johnson Sindrome dan Post Antibiotic Effect oleh karena itu Home Pharmacy Care dilakukan oleh apoteker untuk meningkatkan pengetahuan pasien tentang obat antibiotik golongan kuinolon dan cara penggunaannya yang benar sehingga antibiotik kuinolon dapat digunakan dengan aman untuk mencegah penyebaran infeksi yang ditimbulkan oleh bakteri gram negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Home Pharmacy Care Terhadap Pengetahuan Pasien Tentang Antibiotik Golongan Kuinolon dan Penggunaannya Yang Benar pada beberapa pasien yang menebus resep di beberapa apotek di kecamatan Lowokwaru kota Malang. Penelitian ini menggunakan Pre eksperimental one group pretest and posttest design. Sampel berjumlah 30 orang yang dipilih menggunakan teknik non-probability sampling. Variabel yang diamati adalah pengetahuan responden. instrumen yang digunakan adalah booklet dan kuesioner. Data penelitian diolah dengan statistik menggunakan uji-t. Dari penelitian diperoleh hasil yaitu oengetahuan responden sebelum diberikan Home Pharmacy Care yaitu Baik sebesar 40% sedangkan sesudah diberikan Home Pharmacy Care adalah Baik sebesar 70%. Hasil uji-t menunjukkan t-hitung=6.581 lebih besar dari t-tabel=2.045. jadi, dapat disimpulkan bahwa Home Pharmacy Care memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pengetahuan dan penggunaan antibiotik golongan kuinolon yang benar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 12 Apr 2016 01:56
Last Modified: 12 Apr 2016 01:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26189

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo