UMM Institutional Repository

Musik Jawa untuk Mereduksi Stress pada Mahasiswa

Abdullah, Junaidi (2014) Musik Jawa untuk Mereduksi Stress pada Mahasiswa. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-junaidiabd-36894-1-pendahul-n.pdf

Download (881kB) | Preview

Abstract

Stres merupakan perasaan tertekan, cemas dan tegang yang bisa merugikan apabila kadar stres yang tinggi. Stres juga dialami hampir semua mahasiswa dan salah satu metode untuk mengurangi tingkat stres dengan mendengarkan musik. Musik merupakan suara yang terorganisir sedemikian rupa dengan dukungan elemen lainnya. Umumnya musik yang digunakan yaitu musik modern maupun musik dari budaya asing. Musik jawa merupakan musik asli dari pulau Jawa, salah satu musik Jawa yang terkenal yaitu gamelan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui apakah musik daerah khususnya musik Jawa dapat mereduksi tingkat stres pada mahasiswa. Rancangan penelitian ini menggunakan One Group Pre and Posttest Design. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa sebanyak 9 mahasiswa dan diperoleh dengan cara purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala stres dan SUDS (subjective units of distress scale). Hasil penelitian menunjukkan nilai (t) = 6,214 dan nilai (p) = 0,000 dimana hasil tersebut menyatakan bahwa ada penurunan skor stres yang signifikan pada mahasiswa sebelum dan sesudah mendengarkan musik Jawa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 12 Apr 2016 01:49
Last Modified: 12 Apr 2016 01:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26186

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo