UMM Institutional Repository

PENGARUH KADAR GELATIN SEBAGAI BAHAN PENGIKAT PADA TABLET HISAP EKSTRAK TEH HIJAU RASA JAHE (Metode Granulasi Basah)

PRAYOGO, DEDY (2014) PENGARUH KADAR GELATIN SEBAGAI BAHAN PENGIKAT PADA TABLET HISAP EKSTRAK TEH HIJAU RASA JAHE (Metode Granulasi Basah). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dedyprayog-37780-1-pendahul-n.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dedyprayog-37780-2-babi.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Teh hijau merupakan salah satu tanaman yang memiliki manfaat sebagai antioksidan karena kandungan polifenol. Kelebihan obat yang berasal dari tanaman yaitu dapat memberikan efek terapi dengan efek samping yang lebih rendah karena produk berbasis tanaman lebih sehat dan aman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bahan pengikat Gelatin terhadap mutu fisik tablet hisap ekstrak teh hijau dengan rasa jahe dibuat dengan metode granulasi basah. Kadar Gelatin yang digunakan adalah masing-masing 0%, 1%, 2% dan 3%. Dalam penelitian dilakukan granul dibuat menjadi tablet dengan alat penekan hidrolik dengan tekanan 1 ton selama 3 detik dan diameter 13 mm. Kemudian dilakukan uji mutu fisik tablet hisap ektrak teh hijau rasa jahe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kadar Gelatin akan meningkatkan kekerasan, memperlama waktu melarut, dan mengurangi kerapuhan tablet. Dari analisis statistik untuk kekerasan, waktu melarut, dan kerapuhan tablet menunjukkan bahwa ada perbedaan yang bermakna antara formula. Di antara semua formula, maka dapat disimpulkan bahwa formula dengan kadar Gelatin 3 % adalah formula terpilih, karena menghasilkan tablet hisap yang memenuhi persyaratan mutu fisik tablet hisap dan formula yang paling optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 12 Apr 2016 01:28
Last Modified: 12 Apr 2016 01:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26177

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo