UMM Institutional Repository

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI ANAK YANG MENGALAMI TUNARUNGU

NORAHMASARI, DINY (2014) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI ANAK YANG MENGALAMI TUNARUNGU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dukungan sosial keluarga sangat dibutuhkan untuk membentuk kepercayaan diri pada anak yang mengalami tunarungu. Dengan adanya dukungan sosial keluarga anak merasa mendapat perhatian, mendapat kasih sayang, merasa dicintai sehingga anak merasa berharga, maka kepercayaan diri pada anak tunarungu akan tumbuh. Sedangkan anak tunarungu yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah, akan malu dalam bergaul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan sosial keluarga dengan tingkat kepercayaan diri anak yang mengalami tunarungu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling dan menggunakan 30 anak yang mengalami tunarungu sebagai subjek. Instrumen penelitian ini menggunakan dua skala yaitu skala kepercayaan diri dan skala dukungan sosial keluarga. Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan tingkat kepercayaann diri terhadap anak yang mengalami tunarungu setelah dianalisa menggunakan korelasi product moment. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah semakin tinggi dukungan sosial yang didapatkan, maka kepercayaan diri yang dimiliki semakin tinggi. ( r = 0,73 ; p = 0,00 ≤ 0,01 )

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 Apr 2016 11:05
Last Modified: 11 Apr 2016 11:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26129

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo