UMM Institutional Repository

HUBUNGAN SELF CONTROL DENGAN PROKRASTINASI PADA MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS PERKULIAHAN

Permata, Mellysha Mugista Aji (2014) HUBUNGAN SELF CONTROL DENGAN PROKRASTINASI PADA MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS PERKULIAHAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mellyshamu-37031-1-pendahul-n.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Perilaku prokrastinasi merupakan kecenderungan menunda dan menghindari suatu tugas yang dilakukan secara berulang-ulang dan dalam keadaan sadar yang dilakukan oleh seseorang karena kurang adanya kontrol diri, akibatnya banyak tugas yang terbengkalai dan tidak terselesaikan secara maksimal hingga tak jarang berakibat pada tertundanya perolehan gelar kesarjanaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self control dengan perilaku prokrastinasi pada mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang tahun akademik 2011 dan 2012 yang berjumlah 243 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sample yang diambil diambil dengan teknik non random sampling. Penelitian ini menggunakan skala Self Control dan Tuckman Procrastination Scale (TPS). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan (r = -0,625;sig= 0,000 < 0,01) antara tingkat Self control dengan perilaku prokrastinasi pada mahasiswa dalam menyelesaikan tugas perkuliahan. Semakin tinggi self control pada mahasiswa, maka semakin rendah perilaku prokrastinasi. sebaliknya semakin rendah self control yang ada pada diri mahasiswa, maka semakin tinggi pula perilaku prokrastinasi. Sumbangan efektif dari penelitian ini sebesar 39,0%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 Apr 2016 10:42
Last Modified: 11 Apr 2016 10:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/26125

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo