UMM Institutional Repository

KERJASAMA INDONESIA DENGAN FIJI DALAM BIDANG PARIWISATA (Studi Kasus MoU Bidang Pariwisata)

D.A, Rizky (2014) KERJASAMA INDONESIA DENGAN FIJI DALAM BIDANG PARIWISATA (Studi Kasus MoU Bidang Pariwisata). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkyda092-34792-1-cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkyda092-34792-2-babi.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Sektor pariwisata merupakan sumber devisa terpenting bagi Fiji saat ini menggantikan peran industri gula. Indonesia dalam hal ini dapat menawarkan kerjasama pengembangan pariwisata, yang di Fiji didominasi oleh wisata bahari dan eco-tourism dengan hotel dan resorts dari berbagai kelas. MoU Kerjasama Pariwisata RI-Fiji tahun 2006 perlu diimplementasi dan dikembangkan dengan segera. Mengingat dengan penandatanganan MoU tersebut sebagai upaya pengembangan potensi dan kerja sama pariwisata secara saling menguntungkan antara kedua negara akan semakin meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implikasi kerjasama Indonesia dengan Fiji dalam bidang pariwisata RI-Fiji?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui kerjasama Indonesia dengan Fiji dalam bidang pariwisata. Penelitian ini mengacu pada teori kerjasama internasional, dimana dapat tumbuh dari suatu komitmen terhadap kesejahteraan bersama atau sebagai usaha pemenuhan kepentingan. Sehingga isu utama dari teori kerjasama adalah didasarkan pada pemenuhan kepentingan pribadi, dimana hasil yang menguntungkan kedua belah pihak dapat diperoleh dengan bekerja sama dari pada dengan usaha sendiri atau dengan persaingan. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan konsep Bilateral, konsep Pariwisata. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa Kerjasama Indonesia dengan Fiji dalam bidang pariwisata tidak hanya berdampak terhadap kepentingan ekonomi semata, itu semua dapat terwujud berkat adanya hubungan yang terjalin sebelumnya pada kedua negara. Dampak tersebut merupakan sebuah modifikasi pada bentuk dari interaksi bilateral kedua Negara selama hampir beberapa dekade hubungan kerjasama tersebut. Upaya strategi yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kerjasama dengan Fiji pada bidang pariwisata diimbangi dengan melihat dasar pertimbangan prospek yang dimiliki. Dengan penandatanganan MoU antara Indonesia dengan Fiji sebagai upaya pengembangan potensi dan kerja sama pariwisata secara saling menguntungkan antara kedua negara akan semakin meningkat. Dampak kerjasama Indonesia dengan Fiji, antara lain meliputi upaya meningkatkan intensitas kunjungan wisatawan antara kedua negara, investasi dan perdagangan di sektor pariwisata serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) bidang pariwisata masing-masing. Karena selama ini banyak potensi kerjasama yang belum tergali dan masih dapat dikembangkan antara Indonesia dan Fiji, sebagai salah satu negara kepulauan di Pasifik. Pembangunan bidang pariwisata Fiji ini dipilih karena pariwisata adalah industri dengan pertumbuhan tercepat di Fiji dengan dampak yang berpotensi signifikan terhadap lingkungan alam dan sosialnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations (64201)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 11 Apr 2016 07:06
Last Modified: 11 Apr 2016 07:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25999

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo