UMM Institutional Repository

MANAJEMEN STRATEGI RADIO LOKAL SEBAGAI MEDIA HIBURAN (Studi Komparatif pada Acara Musik Puterin Doong (PD) di Romansa FM dan Six To Nine di Gress FM di Ponorogo)

Layalia, Millatina Arfa (2014) MANAJEMEN STRATEGI RADIO LOKAL SEBAGAI MEDIA HIBURAN (Studi Komparatif pada Acara Musik Puterin Doong (PD) di Romansa FM dan Six To Nine di Gress FM di Ponorogo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-millatinaa-36989-1-pendahul-n.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-millatinaa-36989-2-bab1.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Media massa adalah sarana penyampaian pesan yang berupa informasi kepada masyarakat (publik). Selain sebagai sarana memberikan informasi, media massa juga memiliki fungsi lain diantaranya fungsi hiburan, politik, ekonomi, dan budaya. Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal yang bersifat auditori. Dibalik perusahaan media radio terkandung unsur manajemen strategi yang harus diterapkan agar media radio tetap exis. Manajemen strategi merupakan suatu cara yang sistematis dalam mengambil keputusan yang penting. Dengan adanya manajemen strategi maka radio bisa mengatur dan meningkatkan bagaimana cara memajukan acara yang ada diradio tersebut. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana manajemen strategi radio lokal sebagai media hiburan (studi komparatif pada acara musik Puterin Dong (PD) di Romansa FM dan acara musik Six To Nine di Gress FM di Ponorogo) dan bagaimana perbandingan (persamaan dan perbedaan) acara musik radio Romansa FM dan radio Gress FM di Ponorogo. Manajemen strategi adalah rencana strategi perusahaan dalam mengendalikan organisasi secara efektif dan efisien dalam pembuatan (formulating), penerapan (implementing) dan evaluasi (evaluating) pada keputusan-keputusan strategi antar fungsi-fungsi yang memungkinkan sebuah organisasi mencapai tujuan-tujuannya. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi serta menggunakan analisis Miles and Huberman. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik Triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa. Pertama, Manajemen strategi radio Gress FM dan radio Romansa FM sebagai radio lokal telah menerapkan prinsip-prinsip manajemen yang meliputi perencanan, pengorganisasian, motivasi, dan pengawasaan dalam fungsinya sebagai media hiburan bahkan dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi sudah menggunakan analisis SWOT. Kedua, Persamaan kedua radio ini adalah sama-sama radio lokal yang pada program acaranya adalah acara musik. Musik yang diputar pada acara ini lebih mengikuti dengan pendengarnya karena pendengar setia pada kedua radio ini adalah remaja Ponorogo, dan tujuan kedua radio ini ingin memberikan hiburan kepada pendengarnya dengan hiburan yang kreatif. Perbedaan pada acara musik PD di Romansa FM di Six To Nine di Gress FM adalah tahun musik yang diputar, durasi siaran, format acara, style acara, jam siaran acara, media acara, pendengar aktifa cara, dan tema pada acara. Hasil penelitian ini masih banyak kekurangan sehingga peneliti menyarankan kepada calon peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian dengan menggunakan berbagai jenis metode penelitian yang berbeda yaitu kuantitatif. Selanjutnya para pengelola atau pemilik radio diharapkan memperhatikan manajemen strategi di dalam pengelolaan perusahaan supaya dapat bertahan dan meningkatkan kualitas acara ditengah-tengah media komunikasi yang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Apr 2016 06:47
Last Modified: 11 Apr 2016 06:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25992

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo