UMM Institutional Repository

PENCITRAAN PESERTA KONVENSI PARTAI DEMOKRAT MELALUI MEDIA IKLAN POLITIK (Analisis Wacana tentang Pencitraan Gita Wirjawan melalui Iklan di Televisi)

Hutamawati, Arinda (2014) PENCITRAAN PESERTA KONVENSI PARTAI DEMOKRAT MELALUI MEDIA IKLAN POLITIK (Analisis Wacana tentang Pencitraan Gita Wirjawan melalui Iklan di Televisi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arindahuta-37346-1-pendahul-n.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arindahuta-37346-2-babi.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Menjelang Pemilu 2014, banyak iklan politik yang memperkenalkan identitas, jati diri, dan sosok tokoh politik. Berbagai macam media digunakan oleh tokoh-tokoh politik dalam rangka mensosialisasikan dirinya, visi misinya untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Disini, televisi merupakan media yang efektif untuk membangun citra dan popularitas tokoh politik. Salah satu tokoh politik yang gencar mengiklankan dirinya di televisi adalah Gita Wirjawan. Semenjak mengikuti konvensi calon presiden Partai Demokrat, Gita memiliki tujuh versi iklan iklan di televisi. Iklan tersebut dinilai sebagai usaha Gita untuk menaikkan popularitas, elektabilitas dari Gita Wirjawan dan membuat pencitraan yang bagus terhadap sosoknya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana wacana konstruksi pencitraan Gita Wirjawan yang terdapat di iklan politik Gita Wirjawan di televisi Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitiannya interpretatif. Adapun ruang lingkup penelitian adalah iklan politik Gita Wirjawan di televisi selama konvensi partai Demokrat dilaksanakan sampai selesai (15 September 2013 sampai dengan 16 Mei 2014). Dalam kurun waktu tersebut Gita Wirjawan mengeluarkan tujuh versi iklan politiknya di televisi. Metode yang digunakan adalah analisis wacana milik Teun Van Djik. Analisis wacana dipilih karena melalui analisis wacana peneliti dapat mengetahui makna tersembunyi dalam teks yang terdapat dalam iklan politik Gita Wirjawan, dalam hal pencitraan Gita Wirjawan sebagai peserta konvensi calon presiden partai Demokrat. Dalam hal ini, makna tersembunyi yang dimaksud adalah makna apa saja yang terdapat dalam setiap gambar yang tersajikan di iklan politik Gita Wirjawan, serta dalam teks/ ucapan/ pesan yang disampaikan oleh Gita Wirjawan. Peneliti tidak hanya menganalisis teks, namun juga analisis sosial. Analisis wacana model Teun A. Van Dijk digambarkan mempunyai tiga dimensi yaitu teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Namun karena keterbatasan penelitian ini hanya menggunakan dua tahapan analisis yaitu hanya menghubungkan antara teks dan konteks. Hasil penelitian dari keseluruhan analisis yang dilakukan oleh peneliti terhadap pencitraan Gita Wirjawan yang terdapat di iklan politiknya , diperoleh beberapa temuan, yakni: pertama, bahwa dari keseluruhan iklan politik Gita Wirjawan di televisi yang dianalisis, ditemukan proses: pencitraan Gita Wirjawan, Gita Wirjawan berusaha mencitrakan dirinya sebagai sosok yang suci (bebas dari kasus korupsi), jujur, netral (tidak terbebani oleh kepentingan apapun) dan dekat dengan rakyat. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa iklan politiknya yang mengangkat permasalahan-permasalahan yang ada di Indonesia yang belum bisa diselesaikan pada saat pemerintahan SBY-Boediono. Dengan menjadi peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat, bahkan menjadi salah satu bagian dari kabinet yang dipimpin oleh SBY, tidak lantas membuat Gita pro dan mendukung sepenuhnya pemerintahan sebelumnya yang dikuasai oleh partai Demokrat. Kedua, dalam iklan politik Gita Wirjawan sebagai peserta konvensi calon presiden partai Demokrat di televisi, ia berusaha untuk membentuk dan mengonstruksi citranya agar masyarakat percaya bahwa dirinya adalah sosok pemimpin yang memahami permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia, dengan menampilkan permasalahan-permasalahan yang ada di Indonesia, seperti penindasan kaum minoritas, susahnya memperoleh pendidikan, dll. Ketiga, Gita Wirjawan selalu menonjolkan salah satu keunggulan dirinya yaitu “looks” dalam setiap iklannya. Gita mencitrakan dirinya sebagai sosok pemimpin yang gagah dan rupawan, “looks” dari Gita Wirjawan digunakan untuk menarik perhatian.”looks” Gita Wirjawan yang menawan menjadi pembeda dari peserta konvensi yang lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Apr 2016 06:39
Last Modified: 11 Apr 2016 06:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25987

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo