UMM Institutional Repository

REPRESENTASI MASALAH SOSIAL TENTANG ANAK JALANAN DALAM KARYA FOTOGRAFI (Analisis Semiotik Foto Essay “Jalan Hidup Emma Memungut Mimpi” Karya Fransiskus Simbolon Pada Buku Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2012)

Patmala, Dahlia Eka Fitri (2014) REPRESENTASI MASALAH SOSIAL TENTANG ANAK JALANAN DALAM KARYA FOTOGRAFI (Analisis Semiotik Foto Essay “Jalan Hidup Emma Memungut Mimpi” Karya Fransiskus Simbolon Pada Buku Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2012). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dahliaekaf-37347-1-pendahul-n.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dahliaekaf-37347-2-babi.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Foto essay “Jalan Hidup Emma Memungut Mimpi” karya Fransiskus Simbolon merupakan karya fotografi tentang fenomena masalah sosial anak jalanan yang hidup di kota besar khususnya Jakarta. Permasalahan anak jalanan menjadi polemik yang belum dapat terselesaikan. Tinggal dan hidup di kota besar belum menjadi jaminan untuk hidup layak. Seperti Kota Jakarta yang merupakan pusat perdagangan, investasi, industri pariwisata, hiburan sekaligus pusat segala aktifitas ekonomi. Foto merupakan sebuah representasi sempurna dari realitas. Representasi bisa berarti produk dari pembuatan tanda yang mengacu pada makna. Representasi juga mewakili atau melambangkan, memperlihatkan sebuah citra, gambaran, dan penampilan dramatis. Bagaimana makna foto essay karya Fransiskus Simbolon dengan judul “Jalan Hidup Emma Memungut Mimpi” yang merepresentasikan masalah sosial anak jalanan. Penelitian ini menggunakan analisis semiotik dengan pendekatan kualitatif dan tipe interpretatif. Dimaknai menggunkan teknik analisis semiotik Charles Sanders Pierce dengan memperhatikan elemen makna ikon, indeks dan simbol. Ruang lingkup penelitian ini adalah foto essay berjudul “Jalan Hidup Emma Memungut Mimpi” karya Fransiskus Simbolon tentang masalah sosial anak Jalanan. Foto yang terdiri dari 10 buah foto bercerita, diterbitkan dalam buku Anugrah Pewarta Foto Indonesia 2012 dengan latar tempat yang berbeda. Hasil penelitian menggambarkan anak jalanan yang hidup dibawah garis kemiskinan. Permasalahan ekonomi dan hubungan keluarga yang tidak lagi harmonis, menjadi salah satu beban yang harus di tanggung anak yang berusia sembilan tahun ini. Ia bekerja menyambung hidupnya dengan mengamen dan memulung dimalam hari. Kekerasan yang dialaminya keluarganya serta ayah yang dipenjara karena kasus penjambretan menjadi salah satu latar belakang Emma bekerja dijalan. Pendidikan mental dijalanan dan pendidikan formal di sekolah membentuk karakter Emma yang penuh tanggung jawab dan gigih dalam bekerja. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kesulitan keuangan anak jalanan atau tekanan kemiskinan, tinggal dan hidup di gubuk liar bersama keluarga dan ketidak harmonisan rumah tangga orang tua yang membuat anak turun kejalanan. Memperkerjakan seorang anak adalah salah satu bentuk eksploitasi pekerja, karena waktu dan upah yang diterima tidak menentu. Anak Jalanan bekerja seseuai dengan kemampuan yang dimiliki seperti mengamen dan memulung. Keinginan anak memilih untuk bekerja memungkinkan mereka hidup dengan mandiri, tapi anak-anak tersebut kehilangan waktu untuk melakukan kegiatan menerima pendidikan secara maksimal karena, faktor kelelahan yang dapat melemahkan beberapa keterampilan motorik dan perkembangan kognitif anak. Seperti melemahnya tingkat konsentrasi, anak menjadi tidak lincah serta energik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Apr 2016 06:35
Last Modified: 11 Apr 2016 06:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25985

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo