UMM Institutional Repository

Pengaruh Atribut Celebrity Endorser Terhadap Brand Image Produk Kosmetik Wardah Studi Pada Ibu Rumah Tangga Desa Sidomulyo Kota Batu

Pramudita, Ellanda Sera (2014) Pengaruh Atribut Celebrity Endorser Terhadap Brand Image Produk Kosmetik Wardah Studi Pada Ibu Rumah Tangga Desa Sidomulyo Kota Batu. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ellandaser-37350-1-pendahul-n.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ellandaser-37350-2-babi.pdf

Download (527kB) | Preview

Abstract

Iklan merupakan bagian dari komunikasi pemasaran. Melalui periklanan proses pemasaran berjalan lebih efektif. Namun, banyaknya iklan dimedia massa terutama media televisi, menuntut pemasar melakukan sebuah diferensiasi dalam iklan dan mengemas iklan lebih menarik. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah memakai celebrity endorser. Fungsi dari celebrity endorser ini adalah mengkomunikasikan produk dan merek. Celebrity endorser sebagai komunikator diharapkan mampu menciptakan sebuah image produk atau merek yang diiklankan dan juga meningkatkan penjualan. Celebrity lebih banyak dipilih sebagai endorser karena mereka selalu menjadi perhatian dimasyarakat karena kemampuan dan bakat yang mereka miliki. Atribut-atribut yang dimiliki endorser menjadi kekuatan perusahaan untuk membentuk image sebuah produk. Sehingga apabila celebrity membintangi suatu iklan dan mengkomunikasikan produk atau merek tertentu citra merek itu sendiri akan berkembang serta terpengaruh oleh citra celebrity tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penulis ingin mengadakan penelitian dengan judul “Pengaruh Atribut Celebrity Endorser Terhadap Brand Image Produk Kosmetik Wardah”. Adapun tinjauan pustaka yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan tentang komunikasi pemasaran, celebrity endorser, brand image dan teori kredibilitas sumber (source credibility theory). Tipe penelitian yang dipakai adalah asosiatif dengan pendekatan secara kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner pada responden atau sample penelitian. Responden atau sample dalam penelitian ini adalah ibu rumah tangga di desa Sidomulyo kota Batu dengan sample sejumlah 71 orang. Sedangkan untuk mengukur sifat skala yang digunakan adalah skala ordinal. Pengukuran skala ordinal ini dapat dilakukan dengan skala linkert yang terdiri dari lima titik atau lima poin.Teknik analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana dengan mencantumkan uji F dan koefisien determinasi. Sedangkan untuk validitas dan reliabilitasnya menggunakan korelasi product moment Pearson dan Conbrach Alpha. Dari hasil perhitungan regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi Y = 18,617 + 0,520 X. Berdasarkan persamaan tersebut dapat diinterpretasikan bahwa Y (brand image) akan meningkat sebesar 0,520 satuan untuk setiap tambahan satu satuan X ( celebrity endorser). Selain itu hasil diatas juga dikuatkan dengan uji F, berdasarkan perhitungan didapatkan hasil 33,96, yang menunjukkan bahwa atribut celebrity endorser berpengaruh terhadap brand image Wardah dan jika dirumuskan dalam bentuk statistik nilai Fhitung> Ftabel = 33,96 > 3,98 hal ini berarti ada pengaruh atribut yang dimiliki oleh celebrity endorser terhadap brand image Wardah.Hal ini menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh positif terhadap brand image dengan tingkat peningkatan yang menunjukkan hasil cukup besar. Kemudian berdasarkan hasil dari uji koefisien determinasinya, nilai yang didapatkan adalah 0,330. Nilai tersebut diinterpretasikan bahwa variable bebas X memiliki pengaruh kontribusi sebesar 33% terhadap variable Y. Sedangkan 67% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variable X yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil pembahasan dengan teori kredibilitas sumber disimpulkan Dewi Sandra sebagai celebrity endorser Wardah sampai saat ini mampu memenuhi untuk menjadi seorang komunikator kredibel yang memilki good scene, good character dan good will yang aplikasikannya lewat atribut yang dimilikinya yakni kredibilitas, kecocokan celebrity dengan merek dan kecocokan celebrity dengan khalayak serta daya tarik. Hal ini membuat khalayak terutama ibu-ibu rumah tangga di Desa Sidomulyo memiliki kepercayaan dan menerima dengan baik pesan tentang Wardah sehingga brand image Wardah dapat dibangun dan dikuatkan dengan baik dalam benak khalayak. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa atribut celebrity endorser dalam iklan berpengaruh terhadap brand image kosmetik Wardah. Pengaruh yang ditimbulkan positif, namun tidak cukup signifikan, hal ini dikarenakan pengaruh variable lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini memiliki kontribusi yang lebih besar daripada pengaruh dari celebrity endorser.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Apr 2016 06:26
Last Modified: 11 Apr 2016 06:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25977

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo