UMM Institutional Repository

Terpaan Tayangan Jejak Petualangan di Trans 7 Terhadap Kunjungan Kelokasi Wisata Alam. (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2012).

KURNIAWAN, ERVAN (2014) Terpaan Tayangan Jejak Petualangan di Trans 7 Terhadap Kunjungan Kelokasi Wisata Alam. (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2012). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ervankurni-37351-1-pendahul-n.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ervankurni-37351-2-babi.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Salah satu acara unggulan pada stasiun televisi Trans 7 dan merupakan salah satu program acara terlama, jejak petualang hadir sebagai tayangan dokumenter untuk memberikan nuansa dan pengalaman baru bagi pemirsa yang gemar melakukan kegiatan petualangan ke alam bebas. Tujuan penelitian yaitu 1) Untuk mengetahui terpaan tayangan Jejak Petualang di Trans 7 terhadap kunjungan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2012 ke lokasi wisata alam. 2) Untuk mengukur seberapa besar terpaan tayangan Jejak Petualang di Trans 7 terhadap kunjungan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2012 ke lokasi wisata alam. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu merupakan suatu pendekatan penelitian yang menekankan pada analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan menggunakan metode statistika. Tipe penelitian ini adalah penelitian eksplanatif. Peneliti menghubungkan atau mencari sebab akibat antara dua atau lebih konsep (variable) yang akan diteliti. Populasinya adalah Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2012 yang menonton acara Jejak Petualang di Trans 7. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan sampel ditentukan sebanyak 80 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan uji F. Kesimpulan hasil penelitian yaitu melalui penghitungan Uji F, maka diperoleh Fhitung (165,574) > Ftabel (3,96) dengan taraf signifikansi (α) 5%, hal ini berarti Ho ditolak dan Hi diterima. Maka dapat dikatakan bahwa terdapat terpaan signifikan antara tayangan Jejak Petualang di Trans 7 terhadap minat mengunjungi lokasi wisata alam. Berdasarkan perhitungan koefisiensi determinasi dapat disimpulkan bahwa variabel X (Tayangan Jejak Petualang Di Trans 7) memberikan kontribusi terhadap variabel Y (Kunjungan Ke Lokasi Wisata Alam) sebesar 68%, sedangkan sisanya sebesar 32% disebabkan oleh variabel lain di luar variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Apr 2016 06:22
Last Modified: 11 Apr 2016 06:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25975

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo