UMM Institutional Repository

PERSEPSI MAHASISWA TENTANG MEMBER "KOMUNITAS HIJABERS" SEBAGAI WANITA MUSLIMAH (Studi Pada: Mahasiswa Jurusan Syari'ah dan Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2010 Universitas Muhammadiyah Malang)

Setiawardani, Hesti (2014) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG MEMBER "KOMUNITAS HIJABERS" SEBAGAI WANITA MUSLIMAH (Studi Pada: Mahasiswa Jurusan Syari'ah dan Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2010 Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hestisetia-37353-1-pendahul-n.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hestisetia-37353-2-babi.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Komunitas Hijabers muncul pada November 2010, membawa misi syiar melalui busana muslim yang lebih modern. Komunitas ini menjadi penanda trend fashion hijab baru di kalangan Masyarakat. Perjalanan komunitas ini banyak menuai pro dan kontra dalam Masyarakat karena dianggap merubah orientasi hijab yang seharusnya sesuai dengan ketentuan- ketentuan dalam syariat Islam menuju mode dan fashion. Member dalam suatu komunitas menjadi representasi dari komunitas tersebut sebagai wanita muslimah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan citra member komunitas diketahui melalui persepsi Mahasiswa. Bagaimana Mahasiswa mengindera, menginterpretasi, dan mengintegerasikan serta memberikan penilaian pada member "Komunitas Hijabers" terkait citra individu sebagai wanita muslimah. Teori yang menjadi pendekatan dalam penelitian ini adalah teori interaksionalisme simbolik. Persepsi sendiri merupakan suatu proses pemaknaan terhadap stimulus- stimulus yang diperoleh indera mereka. Makna yang diberikan pada simbol merupakan produk dari interaksi sosial. Interaksi yang dilakukan bertujuan untuk menciptakan makna yang sama. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dan teknik purposive sampling dengan 8 Informan berlatar belakang berbeda dengan kriteria yang dibutuhkan dalam penelitian. Proses pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara semistruktur.Analisis data penelitian ini menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman yang dikaitkan dengan proses- proses dan faktor- faktor pembentuk persepsi yang dijelaskan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan adanya perbedaan kesan antara subjek. Terdapat berbagai macam persepsi tentang member "Komunitas Hijabers" sebagai wanita muslimah terkait dengan citra yang ditampilkan berupa stimulus- stimulus yang dimaknai dan dinilai oleh subjek dengan interpretasi masing- masing subjek. Berdasarkan data yang diperoleh, subjek menganggap member komunitas ini telah merepresentasikan wanita muslimah yang modern. Selain itu subjek memiliki kesan bahwa member "Komunitas Hijabers" memiliki fashion yang berbeda dan berinovasi dengan hijabnya, member komunitas ini memiliki penampilan yang glamour dan terkesan mahal juga terlalu mencolok dari ketentuan- ketentuan hijab yang seharusnya sederhana. Subjek menilai menutup aurat merupakan awal yang baik dan menjaga diri dari zina mata, walaupun dianggap telah mewakili wanita muslimah dengan hijabnya tetapi belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan- ketentuan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Apr 2016 06:19
Last Modified: 01 Mar 2018 02:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25973

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo