UMM Institutional Repository

PENGARUH FREKUENSI TERPAAN EVEN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG (StudiPadaPengunjung Taman RekreasiBonderlandPakisaji MalangBulanJuni - Juli Tahun 2014 )

Putri, Ika Cicilia (2014) PENGARUH FREKUENSI TERPAAN EVEN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG (StudiPadaPengunjung Taman RekreasiBonderlandPakisaji MalangBulanJuni - Juli Tahun 2014 ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikacicilia-37354-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikacicilia-37354-2-babi.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Banyaknya tempat wisata yang berada di kota Malang dan Batu merupakanan ancaman tersendiri bagi tempat wisata Kabupaten Malang khususnya “BONDERLAND“. Sebagai pendatang baru dalam dunia pariwisata, “BONDERLAND“ menghadapi tantangan yang cukup berat dari tempat-tempat wisata yang ada di Kota Malang dan Batu. Oleh karena itu diperlukan terobosan baru dalam menarik minat pengunjung dengan mengadakan even- even menarik dan inovatif agar dapat memuaskan pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung besarnya pengaruh frekuensi terpaan even terhadap tingkat kepuasan pengunjung. Even dilakukan sebagai usaha untuk memperbesar daya tarik objek wisata serta menginformasikan atau memberitahukan objek-objek dan atraksi wisata yang ada. Dengan seringnya melakukan even diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pengunjung. Oleh karena itu, pada penelitian ini dirumuskan hipotesis penelitian sebagai berikut: Frekuensi terpaan even memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah jenis penelitian korelasional, “Penelitian korelasional berusaha untuk menentukan apakah terdapat hubungan (asosiasi) antara dua variabel atau lebih, serta seberapa jauh korelasi yang ada di antara variabel yang diteliti.” Jenis penelitian ini dipilih karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh frekuensi terpaan even terhadap tingkat kepuasan pengunjung. Dari hasil deskripsi diketahui bahwa pada umumnya responden terpengaruh oleh frekuensi terpaan even dan puas berkunjung ke Taman Rekreasi Bonderland. Frekuensi terpaan even memilikipengaruhterhadapkepuasanpengunjung.Artinya,semakintinggifrekuensi terpaan even makaakansemakintinggi pula kepuasanpengunjung. Untuk mengetahui berapa besar pengaruh variabel frekuensi terpaan even terhadap tingkat kepuasan pengunjung digunakan analisis regresi adalah Y = 10.754 + 0.730X. sedangkan untuk mengetahui pengaruh frekuensi terpaan even terhadap tingkat kepuasaan pengunjung digunakan analisis koefisien determinan dan hasil analisisnya adalah (R square = 0,662) yaitu 66.2%. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh x terhadap Y secara bersama – sama dilakukan pengujian dengan Uji F. Dan hasil penghitungan F hitungsebesar 186.362 padasignifikan F sebesar 0,000 yang berartisignifikan F < 0,05 hal ini menghasilkan keputusan hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Artinya, frekuensi terpaan even berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Dengan demikian, Hipotesis diterima. Kesimpulan dari kajian diatas adalah bahwa frekuensi terpaan even mempunyai pengaruh yang positif terhadap tingkat kepuasan pengunjung. Dengan demikian Taman Rekreasi “BONDERLAND” perlu mempertahankan dan meningkatkan Even- even yang lebih menarik sehingga bisa lebih meningkatkan kepuasan pengunjung yang datang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Apr 2016 06:16
Last Modified: 11 Apr 2016 06:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25970

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo