UMM Institutional Repository

INTERAKSI SIMBOLIK DALAM PROSES KOMUNIKASI NONVERBAL PADA SUPORTER SEPAKBOLA (Studi Pada Anggota Juventus Club Indonesia Chapter Malang)

Anshori, M. Syukron (2014) INTERAKSI SIMBOLIK DALAM PROSES KOMUNIKASI NONVERBAL PADA SUPORTER SEPAKBOLA (Studi Pada Anggota Juventus Club Indonesia Chapter Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-msyukronan-37361-1-pendahul-n.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-msyukronan-37361-2-babi.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap manusia sudah barang tentu berkomunikasi dengan orang lain. Dalam proses komunikasi, pesan yang ingin disampaikan tidak hanya dapat terpenuhi melalui pesan verbal. Akan tetapi pesan-pesan nonverbal menjadi aspek yang sangat penting untuk mencapai efektifitas proses komunikasi. Penyampaian pesan nonverbal melalui simbol-simbol juga menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam mengirim pesan atau kode-kode yang ingin disampaikan. Dalam salah satu bagian komunikasi nonverbal adalah interaksi simbolik, yakni seseorang akan bertindak sesuai dengan makna yang diberikan orang lain kepada mereka. Salah satu fenomena dalam proses komunikasi nonverbal dalam interaksi simbolik adalah komunikasi yang dilakukan oleh suporter sepakbola dari tim Juventus FC yakni Juventini di Kota Malang. Mereka menggunakan pesan nonverbal untuk membangun interaksi simbolik dengan penggunaan makna nonverbal dari busana dan bahasa tubuhnya untuk membangun konsep diri sebagai seorang Juventini. Maka peneliti tertarik untuk mengkaji bagaimana interaksi simbolik dalam proses komunikasi nonverbal pada suporter sepakbola yang studi penelitiannya anggota dari Juventus Club Indonesia Chapter Malang. Pendekatan yang dilakukan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif deskriptif untuk menjelaskan secara mendalam permasalahan yang akan diteliti dengan teknik pengumpulan data purposive sample. Subyek penelitian dalam penelitian ini berjumlah enam orang, mereka merupakan anggota resmi yang masih aktif dan dibuktikan dengan kartu anggota sebagai Juventini di Juventus Club Indonesia Chapter Malang. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Hubberman. Untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa seorang Juventini di Kota Malang bertindak sesuai dengan interaksi yang mereka tunjukkan. Bahasa tubuh yang ditunjukkan melalui gerakan-gerakan kepala, gerakan tangan yang dilakukan secara bersamaan dengan mengikuti apa yang dikomunikasikan oleh lawan interaksi mereka. Selain itu, busana dan atribut serba Juventus FC menjadi identitas diri bagi seorang Juventini di Kota Malang. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bagaimana suporter sepakbola Juventini di Kota Malang memperlihatkan konsep dirinya melalui busana dan bahasa tubuh yang mereka tunjukkan. Gerakan tangan yang dibentuk menyerupai tarian merupakan sebuah wujud kreatifitas dari Juventini di Kota Malang. Gerakan seperti mengangkat kedua tangan keatas, mengayunkan kedua telapak tangan kedepan dan kebelakang secara bersamaan hingga diulang secara terus menerus menyesuaikan dengan nyanyian yang mereka ciptakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Apr 2016 04:01
Last Modified: 11 Apr 2016 04:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25940

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo