UMM Institutional Repository

ANALISIS ISI INFORMASI PRODUK PADA KATALOG MINI MARKET INDONESIA Studi Analisis Isi Pada Katalog Belanja Alfamart dan Indomaret

HANDAYANI, TRISIH (2014) ANALISIS ISI INFORMASI PRODUK PADA KATALOG MINI MARKET INDONESIA Studi Analisis Isi Pada Katalog Belanja Alfamart dan Indomaret. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-trisihhand-37362-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-trisihhand-37362-2-babi.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas ketertarikan peneliti akan adanya berbagai ritel di Indonesia yang telah bersaing ,baik hypermarket, departement-store, supermarket, minimarket, grosir, toko, dan sebagainya. Bahkan beberapa perusahaan memberikan penawaran waralaba demi mengembangkan bisnis ini. Waralaba ritel minimarket di Indonesia yakni Alfamart dan Indomaret merupakan dua yang terpopuler,karena hampir di setiap daerah memiliki gerai tersebut. Melihat fenoma tersebut, komunikasi pemasaran dipandang penting dalam pengenbangan bisnis. Arus Informasi dalam penggunaan media merupakan aspek yang perlu ditekankan. Salah satu media komunikasi pemasaran yang digunakan perusahaan adalah katalog. Katalog memiliki fungsi sebagai alat publikasi yang efektif dan efisien bagi perusahaan. Katalog belanja mengandung pesan akan suatu produk, jasa, brand, merek dan hal yang terkait perusahaan yang dijual kepada konsumen. Dalam aplikasinya, informasi mengenai produk dapat dikategorikan dalam beberapa jenis. Melihat hal ini, peneliti berasumsi bahwa informasi dalam media memiliki muatan-mutan pesan yang bersifat segmented, dan dapat dilakukan analisis isi informasi. Peneliti ingin mengatui apa saja informasi jenis produk berdasarkan kegunaan, sasaran dan juga merek di dalam katalog belanja Alfmart dan Indomaret periode Desember 2013- Februari 2014. Jenis produk berdasarkan kegunaan dapat kategorikan menjadi food product,ATK dan Mainan, produk pribadi dan rumah tangga,produk obat , dan produk jasa. Sementara jenis produk berdasarkan sasaran pengguna diketegorikan menjadi produk anak, produk wanita, produk pria, dan produk semua umur dan jenis kelamin. Selanjut produk merek disini dabgi menjadi produk merek waralaba dan produk non merek waralaba. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kuantitatif deskriptif , Analisis isi dipilih karena peneliti mencoba mendeskripsikan isi yang dinyatakan secara obyektif, sistematis, dan kuantitatif. Katalog yang diteliti berjumlah 12, terdiri dari 6 edisi dari Alfamart dan 6 edisi dari Indomaret periode Desember 2013- Februari 2014. Selanjutnya pengkodingan dibantu oleh 2 koder berdasarakan struktur kategori yang telah dibuat sebelumnya dan uji reliabilitas dengan rumus Holsty yang diperkuat dengan rumus Scott untuk mendapatkan nilai keterhandalan. Hasil penelitian menunjukkan Alfamart dan Indomaret menginformasikan penawaran food product cukup tinggi, yakni dengan rata-rata 48,76% dikatalog Alfamart dan 61,59% di katalog Indomaret. Kategori jenis produk berdasarkan sasaran penggunanya dalam penelitian ini, menunjukkan katalog Indomaret menginformasikan penawaran yang lebih tinggi pada produk anak dan wanita dengan rata-rata 17,33% untuk kategori wanita. Kategori produk merek dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa katalog Indomaret menginformasikan penawaran produk merek yang prosentasenya lebih tinggi dibandingkan Alfamart, yakni 13,8% sementara Alfamart 5,37%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa katalaog belanja Alfamart dan Indomaret menginformasikan kategori jenis produk berdasarkan kegunaan menunjukkan penawaran food product, ATK/ mainan, produk Obat dan produk jasa. Kategori trend informasi food product paling tinggi dibanding kategori yang lain. Kategori jenis produk berdasarkan sasaran penggunanya di katalog Alfamart dan Indomaret menginformasikan penawaran produk anak, wanita, pria dan semua umur dan jenis kelamin. Informasi yang lebih tinggi ada di kategori produk anak dan wanita di Indomaret, sedangkan kategori produk merek menununjukkan bahwa katalog Indomaret menginformasikan produk dengan merek yang prosentasenya lebih tinggi dibandingkan Alfamart. Kedua waralaba ritel tersebut dari hasil penelitian menunjukkan saling bersaing satu sama lain dalam penawaran produknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Apr 2016 03:58
Last Modified: 11 Apr 2016 03:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25904

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo