UMM Institutional Repository

Pesan Dakwah Islam Pada Album Religi Karya Band Ungu (Analisis Isi Pada Empat Album Religi UNGU)

Astan, Abdul Kadir Syukur (2014) Pesan Dakwah Islam Pada Album Religi Karya Band Ungu (Analisis Isi Pada Empat Album Religi UNGU). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdulkadir-37525-1-pendahul-n.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdulkadir-37525-2-babi.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Saat ini dunia hiburan memegang peranan di mata masyarakat oleh karena itu banyak orang yang menggunakan media hiburan seperti film, musik, lagu, teater dan lain-lain untuk menyampai pesan-pesan yang syarat dengan unsur- unsur mulai dari curahan hati, sindiran, politik bahkan sampai masalah agama. Karena dapat di anggap lebih muda untuk di terima oleh masyarakat seperti sekarang ini. Musik merupakan salah satu bentuk dari media komunikasi massa yang terdiri dari susunan nada dan lirik. Musik juga bisa menjadi salah satu media dakwah yang digunakan saat ini. Lagu religi menjadi salah satu pasar industri musik di Indonesia, salah satunya grup band Ungu yang sering menciptakan lagu-lagu yang bernuansa religi. Dari realita diatas peneliti ingin mengetahui frekuensi kemunculan dakwah Islam di empat album religi Ungu. Maka dari situ peneliti mengangkat judul Analisis Isi Pesan Dakwah Pada Album Religi Karya Band Ungu. Dr. Moh. Ali Aziz dalam bukunya Ilmu dakwah, menjelaskan materi dakwah atau maddah adalah masalah isi pesan atau materi yang di sampaikan DaÂ’i pada MaÂ’u dan memiliki tiga garis besar yang menjadi konsep penelitian sebagai stuktur kategori yang digunakan yaitu Aqidah materi dakwah adalah akidah Islamiah yang membentuk moral (akhlak) manusia. Materi dakwah syariah yaitu memberi gambaran yang benar,pandangan jernih,kejadian secara cermat terhadap hujjah atau dalil-dalil dalam melihat setiap persoalan pembaharuan. Kategori akhlak dalam Islam adalah mengenai sifat dan kriketeria perbuatan manusia serta berbagai kewajiban yang harus di penuhinya. Peneliti menggunakan metode analisis isi sebagai dasar penelitian, melalui pendekatan kuantitatif. Peneliti bertujuan mendeskripsikan secara obyektif, sistematis, dari isi pesan dakwah pada album religi grup band Ungu. Ruang lingkup penelitian ini adalah 4 album religi grup band Ungu, yang berjumlah 176 kalimat. Unit analisis yang digunakan adalah 18 judul lagu yang dikaitkan dengan tema dakwah sesuai dengan struktur kategori. Dari hasil penelitian ini menunjukan 176 kalimat yang terdapat dalam 18 judul lagu pada 4 album religi grup band Ungu yang sesuai kategorisasi sebanyak 144 kalimat atau sebesar 81,8%. Dan hasil penelitian menunjukan bahwa lagu juga bisa sebagai media dakwah yang efektif bagi pendengar musik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Apr 2016 03:14
Last Modified: 11 Apr 2016 03:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25900

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo