UMM Institutional Repository

FUNGSI MEDIA KOMUNIKASI TRADISIONAL WAYANG KULIT DALAM ACARA RUWATAN ALAM (Studi Pada Tradisi Ruwatan Alam Di Desa Sendi, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto)

Amrulloh, Rizal (2014) FUNGSI MEDIA KOMUNIKASI TRADISIONAL WAYANG KULIT DALAM ACARA RUWATAN ALAM (Studi Pada Tradisi Ruwatan Alam Di Desa Sendi, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizalamrul-37539-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizalamrul-37539-2-babi.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh di dalam kalangan masyarakat pedesaan, media komunikasi tradisional seperti media pertunjukkan rakyat masih sering digunakan. Salah satu media pertunjukkan rakyat yang hingga kini masih hidup adalah wayang. Dalam praktek pertunjukkan rakyat tidak hanya berfungsi sebagai kesenian, akan tetapi juga dapat mendukung proses komunikasi yang efektif untuk menyampaikan informasi. Oleh sebab itu peluang wayang sebagai media komunikasi tradisional masih terbuka lebar. Buktinya bahwa masyarakat di Desa Sendi masih menggunakan wayang sebagai media pertunjukkan dalam tradisi ruwatan alam yang mereka laksanakan setiap tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap berbagai hal yang terkait dengan fungsi media pertunjukkan wayang kulit. Penelitian ini juga diharapkan dapat menggambarkan bagaimana fungsi – fungsi tersebut disampaikan kepada masyarakat di Desa Sendi. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Di mana pada metode ini, hasil yang disajikan oleh peneliti pada bab pembahasan adalah data-data tertulis yang mendeskripsikan tentang fungsi dari media komunikasi tradisional wayang kulit dalam tradisi ruwatan alam yang ada di Desa Sendi, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Data diperoleh adalah melalui proses observasi langsung dan wawancara mendalam kepada para informan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa fungsi dari media komunikasi tradisional wayang kulit dalam acara ruwatan alam adalah sebagai fungsi sosial yang berhubungan langsung dengan masyarakat dalam kehidupan sehari – hari, antara lain sebagai sarana penyampaian informasi, hiburan, sarana pendidikan dan alat kontrol sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Apr 2016 03:02
Last Modified: 11 Apr 2016 03:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25891

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo