UMM Institutional Repository

PENGARUH DAYA TARIK PROGRAM ACARA INDONESIA LAWAK KLUB (ILK) DI TRANS7 TERHADAP MINAT MAHASISWA MENONTON (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2012 Universitas Muhammadiyah Malang)

Abrianto, Rizky (2014) PENGARUH DAYA TARIK PROGRAM ACARA INDONESIA LAWAK KLUB (ILK) DI TRANS7 TERHADAP MINAT MAHASISWA MENONTON (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2012 Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkyabria-37577-1-pendahul-n.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkyabria-37577-2-babi (1).pdf

Download (828kB) | Preview

Abstract

Seiring berkembangnya kebutuhan masyarakat akan informasi, pendidikan, dan hiburan. Mulailah tumbuh industri pertelevisian yang didirikan oleh pihak swasta demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Program adalah daya tarik stasiun-stasiun televisi swasta dalam sebuah kompetisi untuk menarik perhatian pemirsa sebanyak mungkin. Untuk itu stasiun televisi berusaha meraih peluang-peluang dengan menciri khususkan diri melalui program tertentu agar memperoleh perhatian tetap dari pemirsanya. Salah satunya penghibur masyarakat acara debat/diskusi lawak yaitu Indonesia Lawak Klub (ILK) karena minimnya acara seperti ini yang bermunculan maka penulis ingin mengadakan penelitian dengan judul “Pegaruh Daya Tarik Program Acara Indonesia Lawak Klub (ILK) Di Trans7 Terhadap Minat Mahasiswa Menonton” sebagai salah satu media penghibur, Trans7 berusaha menyajikan tayangan variety show yang ditayangkan setiap senin-jumat pada pukul 21.15 WIB dan di dalamnya berisi hiburan komedi yang diselingi oleh musik, acara ini akan di jadikan sebagai media informasi dan hiburan bagi para pencinta komedi yang dikemas semenarik mungkin. Acara Indonesia Lawak Klub (ILK) ini diyakini oleh peneliti mempunyai daya tarik yang mampu mempengaruhi minat mahasiswa menonton. Dari pemikiran tersebut peneliti merumuskan permasalahan peneliti yaitu : (1) Adakah pengaruh daya tarik program acara Indonesia Lawak Klub (ILK) terhadap minat mahasiswa menonton? (2) Seberapa besar pengaruh daya tarik program acara Indonesia Lawak Klub (ILK) terhadap minat mahasiswa menonton? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui adakah pengaruh daya tarik program acara Indonesia Lawak Klub (ILK) terhadap minat mahasiswa menonton. (2) Mengetahui tingginya tingkat pengaruh daya tarik program acara Indonesia Lawak Klub (ILK) terhadap minat mahasiswa menonton. Dengan menggunakan acuhan Teori AIDDA yang menyatakan bahwa komunikasi yang melalui dengan membangkitkan perhatian. Artinya sebuah pesan komunikasi harus dapat menimbulkan daya tarik sehingga dapat perhatian dari komunikan dengan begitu akan menjadikan suksesnya komunikasi tersebut. Setelah perhatian muncul kemudian diikuti dengan upaya menumbuhkan rasa menarik yang merupakan tingkat tinggi dan perhatian. Dalam hal ini berupa menarik menonton Indonesia Lawak Klub (ILK). Selanjutnya akan melahirkan rasa minat/ hasrat untuk menonton acara Indonesia Lawak Klub (ILK) tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Jenis penelitian eksplanatif. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu komunikasi angkatan 2012 Universitas Muhammadiyah Malang, dengan sampel sejumlah 83 orang responden yang diperoleh menggunakan teknik Simpel Random Sampling dengan kuesioner, dimana sampel diseleksi atas dasar kriteria-kriteria tertentu. Sedangkan orang-orang dalam populasi yang tidak sesuai dengan kriteria tersebut tidak dijadikan sampel. Peneliti juga menggunakan teknik dokumentasi untuk melengkapi kekurangan data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini (data sekunder). Setelah melalui proses penelitian, hasil jawaban kuesioner tersebut diuji tingkat validitasnya dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment dan uji reabilitasnya dengan teknik Alpha. Anailisis yang digunakan adalah analisis regresi untuk mengetahui pengaruh daya tarik program acara Indonesia Lawak Klub (ILK) terhadap minat mahasiswa menonton dan analisis Koefisien Determinasi untuk memprediksi besarnya pengaruh variable X terhadap Variabel Y. Berdasarkan penelitian diperoleh perhitungan nilai koefisien korelasi sebesar 0.548, yang berarti terdapat ada pengaruh antara variable bebas yaitu daya tarik program acara Indonesia Lawak Klub (ILK) dengan variable minat mahasiswa menonton. Berdasarkan uji F dan uji t, dapat diperoleh nilai F_hitung sebesar 34.760, sedangkan tingkat pada tingkat signifikansi 0.05 diperoleh F_tabel dengan nilai sebesar 3.96. Dan nilai t_hitung sebesar 5.896, sedangkan pada tingkat signifikansi 0.05 diperoleh t_tabel dengan nilai sebesar 2.00. Hal tersebut berati 〖F 〗_hitunglebih besar dari F_tabel dan t_hitung lebih besar dari t_tabel sehinga H_0 ditolak dan H_1 diterima, yang berarti daya tarik program acara Indonesia Lawak Klub (ILK) mempunya pengaruh signikan terhadap minat mahasiswa menonton. Melalui perhitungan regresi linier, dapat diketahui besarnya kontribusi atau pengaruh variable bebas daya tarik program acara Indonesia Lawak Klub (ILK) terhadap variable terikat minat mahasiswa menonton adalah sebesar 30%, dan sisahnya sebesar 70% minat mahasiswa menonton acara Indonesia Lawak Klub (ILK) dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Apr 2016 02:58
Last Modified: 11 Apr 2016 02:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25889

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo