UMM Institutional Repository

Pengaruh Komunikasi Pemasaran Jasa Ekspedisi Terhadap Minat Pelanggan Pengguna Jasa Pos Express (Studi Pada Pelanggan PT. Pos Indonesia (Persero), di Cabang Kepanjen Kabupaten Malang)

HERDIANI, SEPTIANA (2014) Pengaruh Komunikasi Pemasaran Jasa Ekspedisi Terhadap Minat Pelanggan Pengguna Jasa Pos Express (Studi Pada Pelanggan PT. Pos Indonesia (Persero), di Cabang Kepanjen Kabupaten Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-septianahe-37578-1-pendahul-n.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-septianahe-37578-2-babi.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Perjalanan waktu, membuat banyak hal berubah, terkadang perubahan tersebut membuat efek positif serta negatif dalam kehidupan manusia, yang dapat meringankan tugas manusia atau bahkan membuat permasalahan baru. Salah satunya adalah perubahan di bidang teknologi, yang ditandai dengan semakin majunya teknologi informasi dan komunikasi, sehingga manusia tidak perlu kesulitan dalam rangka untuk mencari informasi serta berkomunikasi dengan manusia yang lain, karena dengan pengembangan teknologi, banyak alat telah diciptakan seperti internet yang dapat disambungkan dengan berbagai bentuk telpon pintar, dimana dalam telpon tersebut terdapat berbagai fitur pendukung sehingga kegiatan bisnis, pribadi, maupun sosial dapat dikendalikan melalui gengaman tangan. Melalui pengembangan teknologi tersebut aktifitas perusahan seperti kegiatan promosi dapat dengan mudah dilakukan seperti yang dilakukan PT. Pos Indonesia, yang mencoba berbagai media komunikasi untuk mempromosikan jasa-jasa yang diperjualbelikan, diharapkan dengan gencarnya kegiatan promosi dapat memberikan pengaruh atau dampak terhadap minat dari para pengguna jasa untuk terus menggunakan jasa dari perusahaan ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh Komunikasi Pemasaran jasa ekspedisi terhadap minat pelanggan pengguna jasa pos express”. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif eksplanatif (survey research) dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan datanya, serta sistematic sampling untuk menentukan populasi dan sampelnya, dengan jumlah populasinya sebesar 299 dan sampelnya 30 orang, dengan teknik analisisnya korelasi produk moment dan analisis regresi sederhana. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah SOR (Stimulus-Organism-Response), pada perinsipnya teori S-O-R menjelaskan bahwa diri individu memiliki kemampuan untuk menentukan prilaku sebagai respon dari stimulus dengan melibatkan organisme. Dalam penelitian ini Stimulus (S) adalah Message yang dikirimkan oleh PT. Pos Indonesia, sedangkan Organisme (O) atau pihak yang menerima pesan, yakni Pelanggan Pengguna Jasa Pos Express di Kabupaten Malang, dan Respon (R) pengaruh, yang merupakan hasil akhir dari proses komunikasi, responnya adalah Minat Pelanggan untuk menggunakan Jasa Pos express. Dari hasil penelitian ini dapat diperoleh nilai F hitung sebesar 0,046 dan F tabel sebesar 0,006 maka sesuai dengan kaidah penelitian, jika nilai F hitung ≥ F tabel, Maka Tolak HO artinya Signifikan, atau terdapat pengaruh yang signifikan antara Komunikasi Pemasaran Jasa Ekspedisi dengan Minat Pelanggan Jasa Pos Express. Selain itu dalam penelitian ini juga diperoleh validitas serta Reliabilitas terhadap instrumen penelitian yang digunakan sejumlah 15 item masing-masingnya, untuk (Variabel X) Komunikasi Pemasaran Jasa Ekspedisi dan (Variabel Y) Minat Pelanggan Jasa Pos Express. Peneliti juga memberikan saran, supaya penelitian ini dapat terus dikembangkan secara berkesinambungan, selain untuk melengkapi kekurangan di beberapa kajian - kajian ilmu komunikasi, kajian seperti ini juga dapat memberikan pengetahuan bagi pembacanya mengingat prilaku konsumen sangat erat hubunganya dengan kegiatan Public Relations dan juga pemasaran atau promosi. Selain itu peneliti juga berharap dengan adanya penelitian ini, bisa memberikan kontribusi terhadap perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang ekpedisi atau pengiriman barang, untuk memasarkan jasanya sehingga dapat menciptakan teknik promosi yang tepat dan juga efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Apr 2016 02:49
Last Modified: 11 Apr 2016 02:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25883

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo