UMM Institutional Repository

Efektivitas Twitter Sebagai Media Informasi Bagi Mahasiswa (Studi Deskriptif Akun @ikomUMM Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2013)

Kuesuma W, Shella (2014) Efektivitas Twitter Sebagai Media Informasi Bagi Mahasiswa (Studi Deskriptif Akun @ikomUMM Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2013). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-shellakues-37579-1-pendahul-n.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-shellakues-37579-2-bab1.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Akun @ikomUMM merupakan akun official dari program studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang, tujuannya adalah sebagai media informasi yang digunakan untuk menyebarkan informasi kepada para follower-nya (mahasiswa, stakeholder, dosen, dll). @ikomUMM pertama kali dibuat pada pertengahan tahun 2011 , hingga saat ini telah memiliki + 1700 follower , dan telah memposting tweet sebanyak + 4600. Angkatan 2013 merupakan mahasiswa baru yang membutuhkan informasi yang berhubungan dengan jurusan maupun kampus. Oleh karena itu, keberadaan @ikomUMM sebagai media informasi dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa. Untuk itu, peneliti ingin mengetahui seberapa besar tingkat efektivitas twitter sebagai media informasi bagi mahasiswa. Tujuannya untuk mengetahui efektivitas twitter sebagai media informasi bagi mahasiswa, khususnya pada akun @ikomUMM pada mahasiswa angakatan 2013. Teori yang digunakan yaitu Dependensi Efek Media Massa, yang memfokuskan pada kondisi struktural suatu masyarakat yang mengatur kecenderungan terjadinya suatu efek media massa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey, dengan tipe penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiwa jurusan Ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2013 dengan karakteristik tertentu yang sesuai dengan penelitian ini. Dalam penelitian ini digunakan teknik sampling yaitu propotional random sampling dan ditetapkan sampel dalam penelitian ini sebesar 73 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Setelah melalui proses penelitian, kuesioner tersebut diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya. Analisa data yang digunakan untuk yaitu menggunakan rumus mean. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa tingkat efektivitas twitter sebagai media informasi berada pada titik 3,66 yaitu pada kelompok “Efektif”. Dapat disimpulkan efektivitas twitter sebagai media informasi , yang dalam hal ini adalah adalah efektivitas akun @ikomUMM bagi mahasiswa angkatan 2013 terbukti efektif sebagai media informasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Apr 2016 02:45
Last Modified: 11 Apr 2016 02:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25879

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo