UMM Institutional Repository

TINDAK KEJAHATAN DALAM FILM ( Analisis Isi Pesan Dalam Film Now You See Me Karya Louis Leterrier )

Novianto, Teddy Eko (2014) TINDAK KEJAHATAN DALAM FILM ( Analisis Isi Pesan Dalam Film Now You See Me Karya Louis Leterrier ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-teddyekono-37583-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-teddyekono-37583-2-bab1.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Film sebenarnya memiliki beberapa nilai bagi penontonnya, antara lain adalah nilai hiburan, nilai artistik dan nilai pendidikan. Namun terlepas dari pengaruh positif film juga dapat memberi pengaruh negatif kepada penonton. Tindakan negative bisa berupa tindakan kejahatan atau kriminal dalam sebuah film atau bisa diartikan sebuah adegan dimana adanya perbuatan yang merugikan secara ekonomis dan merugikan secara psikologis orang lain, Melukai perasaan susila dari suatu segerombolan manusia di mana orang-orang itu berhak melahirkan celaan. Film Now You See Me sangat berkaitan dengan kedua unsur kejahatan tersebut, maka peneliti mengambil film Now You See Me yang didalamnya terdapat frekuensi tindak kejahatanna sangat banyak sehingga dipilih sebagai objek penelitian.Berdasarkan latar belakang diatas, maka pokok masalah yang akan dirumuskan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui frekuensi kemunculan tindak kejahatan dalam tiap kategori di film Now You See Me .Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar frekuensi kemunculan tindak kejahatan dalam film Now You See Me. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui data primer dan sekunder. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis distribusi frekuensi. Dalam penelitian ini,satuan ukur yang digunakan adalah setiap scene yang menunjukkan unsur tindak kejahatan. Dengan demikian maka dapat diperoleh jumlah frekuensi kemunculan scene yang menunjukkan tindak kejahatan. Dari hasil penelitian yang dilakukan setelah dilakukan pengkodingan data , maka dihasilkan 33 scene yang mengandung unsur tindak kejahatan dari total 52 scene atau 63,46% dari 100% scene film Now You See Me. Dari tindak kejahatan dalam film Now You See Me, kategori kejahatan terhadap harta benda muncul sebanyak 17 scene atau 45,95 %, kategori kejahatan terhadap tubuh dan nyawa muncul sebanyak 11 scene atau 29,73 %, dan kategori kejahatan terhadap psikologis muncul sebanyak 9 scene atau 24,32 %. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kategori kejahatan terhadap harta benda dengan sub kategori penipuan mempunyai frekuensi kemunculan scene lebih banyak dari pada kategori dan sub kategori lainnya terhadap harta benda dengan prosentase 45,95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa film Now You See Mee mengandung cukup tindak kejahatan terutama kejahatan tentang kebohongan yang dibuat untuk keuntungan pribadi tetapi merugikan orang lain yang mengakibatkan kerugian harta benda milik orang. Dengan hadirnya film-film yang lebih di dominasi dengan banyaknya tindakan kejahatan di khawatirkan beberapa tahun lagi hal yang terjadi dalam film tersebut benar –benar menjadi kenyataan. Dan pada akhirnya tindak kejahatan semakin berkembang dengan berbagai cara yang mengakibatkan banyak kerugian bagi orang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Apr 2016 02:27
Last Modified: 11 Apr 2016 02:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25868

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo