UMM Institutional Repository

POLA KOMUNIKASI P3DKM DALAM MEMBUAT KEBIJAKAN MENGENAI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BAGI PEDAGANG PASAR DINOYO (Studi Deskriptif pada P3DKM / Persatuan Pedagang Pasar Dinoyo Kota Malang)

Darwanto, Wahyu (2014) POLA KOMUNIKASI P3DKM DALAM MEMBUAT KEBIJAKAN MENGENAI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA BAGI PEDAGANG PASAR DINOYO (Studi Deskriptif pada P3DKM / Persatuan Pedagang Pasar Dinoyo Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyudarwa-37584-1-pendahul-n.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyudarwa-37584-2-babi.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas fenomena perkembangan pasar modern yang terus meningkat dengan dibangunnya mall, supermarket, dan pasar – pasar modern di kota Malang. Keberadaan pasar modern ini cukup mengancam keberadaan pasar tradisional. Dampak langsung yang dirasakan pasar tradisional adalah turunnya omset para pedagang. Pasar tradisional tidak memiliki daya saing yang yang cukup kuat untuk melawan keberadaan pasar modern. Pasar tradisional yang terkesan kumuh dan ketidak pastian harga menyebabkan menurunnya minat konsumen untuk membeli di pasar tradisional. Berdasarkan permasalahan tersebut, para perwakilan pedagang pasar yang tergabung dalam Persatuan Pedagang Pasar Dinoyo Malang (P3DKM) berupaya mempertahankan eksistensi pasar tradisonal dengan membuat kebijakan mengenai pengembangan sumber daya manusia bagi pedagang pasar dinoyo. Berdasarkan hal tersebut juga, peneliti tertarik untuk mengetahui pola komunikasi apakah yang digunakan organisasi P3DKM dalam proses pembuatan kebijakan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif. Penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, berbagai situasi, atau berbagai fenomena realitas yang ada di dalam masyarakat sebagai objek penelitian. Dalam penelitian ini peneliti memiliki tiga focus penlitian yang dilakukan kepada P3DKM yaitu pihak – pihak yang terlibat dalam proses pembuatan kebijakan, proses komunikasi dalam pembuatan kebijakan, dan pola komunikasi yang terbentuk. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik observasi, wawancara berstruktur dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penetapan subyek penelitian yaitu dengan purposive sampling (sampel bertujuan) dengan pertimbangan dan kriteria tertentu. Analisa datayang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif mengikuti konsep yang dikembangkan Miles da Huberman yakni Analisis Interaktif dengan cara mereduksi data, penyajian data, verifikasi. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Penyajian data disajikan dengan konsep pola komunikasi atau aliran informasi yang dapat dijumpai di umumnya kelompok dan organisasi yaitu pola lingkaran, pola roda, pola Y, pola rantai dan pola bintang. Hasil penelitian menunjukkan adanya kegiatan komunikasi yang di lakukan P3DKM dalam proses pembuatan kebijakan, adanya bentuk komunikasi lisan dan tertulis, adanya media komunikasi yang digunakan dalam proses penyebaran informasi serta sistem pengelolaan respon yang diterapkan di dalam organisasi ini. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pola komunikasi yang digunakan oleh P3DKM dalam membuat kebijakan mengenai pengembangan sumber daya manusia bagi pedagang pasar dinoyo adalah dengan menggunakan Humas dan Kordinator Wilayah sebagai dua orang sentral dalam menyamapaikan informasi kepada anggota organisasi yang lainnya.. Humas di dalam organisasi ini merupakan pintu komunikasi bagi anggota organisasi yang lain serta sebagai orang yang mengatur arus keluar masuk nya informasi di dalam organisasi. Sedangkan kordinator wilayah merupakan jembatan penghubung informasi antara anggota organisasi diatas dengan anggota organisasi di bawah. Dari proses komunikasi tersebut terbentuk suatu pola komunikasi “Y” yang menempatkan dua orang sentral sebagai pusat informasi bagi anggota yang lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 Apr 2016 02:23
Last Modified: 11 Apr 2016 02:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25863

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo