UMM Institutional Repository

Diplomasi Olahraga dalam Sport Mega-Event Sebagai Media Membangun Nasionalisme Baru Pada Piala Dunia 2006 Jerman

Saputra, Hardian (2015) Diplomasi Olahraga dalam Sport Mega-Event Sebagai Media Membangun Nasionalisme Baru Pada Piala Dunia 2006 Jerman. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hardiansap-38540-1-pendahul-n.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hardiansap-38540-2-babi.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Nasionalisme merupakan kebutuhan mendasar dan menjadi indikator integrasi masyarakat sebuah negara-bangsa. Terlepas dari banyaknya bentuk nasionalisme, terdapat dikotomi yang bisa dijadikan pijakan konseptual, yakni ethnocentric nationalism dan civic nationalism. Bagi Jerman, nasionalisme etnosentris telah dijadikan fondasi bagi persatuan bangsa sejak didirikan tahun 1871. Hal ini berlanjut hingga nasionalisme tersebut mencapai level ekstrem saat rezim Nazi berkuasa. Akan tetapi, akibat dari Perang Dunia II, nasionalisme Jerman kemudian jatuh ke titik terendah. Sepanjang masa Perang Dingin, nasionalisme negara ini pun mengalami fase vakum. Pasca Reunifikasi tahun 1990, dimulailah proses pencarian identitas bangsa dan bentuk nasionalisme baru. Momentum Piala Dunia 2006 pun dimanfaatkan Jerman sebagai tuan rumah untuk mencapai kepentingan tersebut. Metode penelitian dalam tulisan ini adalah eksplanatif kualitatif, yang bertujuan untuk menjabarkan dan menjelaskan proses pembangunan nasionalisme baru Jerman melalui diplomasi publik domestik dalam sport-mega event Piala Dunia FIFA 2006. Konsep nasionalisme dan diplomasi digunakan sebagai alat bantu untuk menjelaskan proses pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Jerman tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nation-building bisa dilakukan melalui diplomasi publik domestik sport-mega event. Jerman berhasil memaksimalkan momentum menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006 untuk membantu proses pembangunan nasionalisme baru. Terdapat perubahan signifikan dari masyarakat Jerman yang mulai menunjukan patriotisme berbasis civic nationalism disaat dan pasca pelaksanaan Piala Dunia 2006 tersebut

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 09 Apr 2016 03:54
Last Modified: 09 Apr 2016 03:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25798

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo