UMM Institutional Repository

PENGARUH GENOSIDA TERHADAP PERKEMBANGAN DEMOKRASI DI RWANDA

Kalsum, Umi (2015) PENGARUH GENOSIDA TERHADAP PERKEMBANGAN DEMOKRASI DI RWANDA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-umikalsum0-38558-2-babi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-umikalsum0-38558-1-pendahul-n.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Demokrasi di Rwanda berkembang dengan cukup mengesankan terutama jika dilihat dari peran dan partisipasi perempuan dalam area publik terutama politik di Rwanda yang semakin luas dan kuat keberadaannya. Kemajuan ini tidak lepas dari peran perempuan sendiri dalam perpolitikan di Rwanda yang tidak hanya semakin luas partisipasinya dalam segi jumlah namun juga kuatnya peran mereka dalam membentuk identitas bangsa dan proses pembangunan paska genosida. Perempuan kemudian menjadi aktor yang penting dalam perpolitikan Rwanda paska genosida. Keberadaan mereka yang besar bukan hanya sekedar sebagai simbol kemajuan demokrasi di Rwanda namun juga sebagai kekuatan politik yang memiliki pengaruh yang cukup kuat di Rwanda. Pada dasarnya, kebudayaan Rwanda menyangkut perempuan sangat patriarkis. Sebelum genosida, sebagian besar dari para perempuan ini berperan hanya dalam lingkup domestik rumah tangga. Hanya sedikit yang berperan diluar lingkup domestik rumah tangga dan hanya segelintir yang berpartisipasi dalam perpolitikan Rwanda. Setelah genosida berakhir, terjadi modernisasi kebudayaan dalam hal ini menyangkut peran dan kedudukan perempuan dalam masyarakat Rwanda. Fenomena ini merupakan bagian dari dampak genosida yang menyisakan para perempuan ini sebagai populasi utama yang mendominasi populasi Rwanda secara keseluruhan. Ketiadaan laki-laki yang biasanya dijadikan sandaran akibat perang, menciptakan perubahan peran dimana para perempuan yang ditinggalkan harus berjuang untuk bertahan dan menghidupi diri dan keluarga yang tersisa. Kondisi ini membuat nilai-nilai patriarkis kemudian diabaikan. Terjadi kesadaran massal ditengah masyarakat terutama perempuan bahwa merekalah aktor penting setelah genosida berakhir. Para perempuan ini kemudian maju diberbagai sektor publik terutama perpolitikan Rwanda yang tidak hanya mendominasi secara kuantitas namun juga kualitas peran mereka yang besar bagi pembangunan demokrasi dan Rwanda secara keseluruhan. Pembangunan demokrasi di Rwanda paska genosida tidak dapat dilepaskan dari peran dan partisipasi perempuan yang besar di Rwanda. Genosida, disamping kehancuran yang mengikutinya, memproduksi masyarakat baru yang menguntungkan bagi proses pembangunan Rwanda dan demokrasi setelahnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 08 Apr 2016 11:55
Last Modified: 08 Apr 2016 11:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25769

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo