UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE BUZZ GROUP DENGAN STRATEGI THINKTALK- WRITE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 5 MALANG

SARI, RENNY PUSPITA (2015) PENERAPAN METODE BUZZ GROUP DENGAN STRATEGI THINKTALK- WRITE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 5 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rennypuspi-38392-1-pendahul-n.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rennypuspi-38392-2-babi.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode Buzz Group dengan strategi Think-Talk-Write (TTW), tingkat kreativitas siswa dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian di laksanakan di SMP Negeri 5 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan. Data penelitian berupa observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, tes kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Data bersumber dari siswa kelas 7.2 dan guru yang mengajar matematika di SMP Negeri 5 Malang, jumlah siswa kelas 7.2 berjumlah 31 siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Data diolah dengan rumus kemudian dikategorikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Buzz Group dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) pada pembelajaran matematika terlaksana dengan baik sesuai dengan sintak pembelajaran yang direncanakan. Aktivitas guru dan siswa pada setiap kegiatan, baik kegiatan awal, inti dan akhir dapat berjalan dengan baik. Meskipun ada beberapa aktivitas guru dan siswa yang terbilang cukup, tetapi pada pertemuan-pertemuan selanjutnya aktivitas guru dan siswa menjadi lebih baik. Kreativitas siswa dalam penelitian ini didasarkan pada empat komponen indikator diantaranya yaitu fuency, flexibility, originality, dan elaboration. Tingkat kreativitas siswa secara keseluruhan dikategorikan sedang, walaupun pada tiap pertemuannya mengalami peningkatan, pada indikator flexibility berkategori cukup, indikator originality berkategori kurang dan pada indikator fluency dan elaboration berkategori baik. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan metode Buzz Group dengan strategi Think-Talk Write (TTW) pada langkah memahami masalah sangat baik, siswa mampu mengidentifikasi apa yang diketahui dan ditanyakan. Pada langkah perencanaan, pelaksanaan dan mengecek kembali dalam pemecahan masalah dapat dikategorikan baik, walaupun pada proses perencanaan masih ada siswa yang enggan untuk menuliskannya, sedangkan pada tahap pelaksanaan pemecahan masalah siswa mampu menyelesaikan proses perhitungan dengan benar, dan langkah pengecekan kembali terhadap hasil pekerjaan yang diperoleh dikategorikan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 08 Apr 2016 09:41
Last Modified: 08 Apr 2016 09:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25709

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo