UMM Institutional Repository

PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

MA’RIFAH, YONI OKTAVIA NURUL (2015) PENGARUH MINAT DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yonioktavi-38398-1-pendahul-n.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yonioktavi-38398-2-babi.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai macam faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Terdapat faktor internal dan faktor eksternal yang ada pada siswa, pada faktor internal didalamnya terdapat minat dan kebiasaan belajar yang mempengaruhi prestasi belajar. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui adakah pengaruh yang signifikan pada minat dan kebiasaan belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 06 DAU terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi yang menjadi responden pada penelitian ini adalah 53 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan korelasi pearson pada hasil angket minat belajar diperoleh nilai korelasi sebesar 0,605 dan disesuaikan dengan syarat pengambilan keputusan dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat diketahui, Hipotesis Null (H0) ditolak sedangkan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Dari perhitungan ini menunjukkan terdapat pengaruh yang kuat antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika. Hasil perhitungan dengan menggunakan korelai pearson pada hasil angket kebiasaan belajar diperoleh nilai korelasi sebesar 0,613 dan disesuaikan juga dengan syarat pengambilan keputusan berdasarkan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Dapat diketahui H0 ditolak dan Ha diterima. Dari perhitungan ini menunjukkan terdapat pengaruh yang kuat pada kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa: 1. Ada pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 06 DAU tpada pelajaran matematika. 2. Ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 06 DAU pada pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 08 Apr 2016 09:32
Last Modified: 08 Apr 2016 09:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25701

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo