UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMPN 4 BATU

WAHYURI, SINTIA EKI (2015) PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII DI SMPN 4 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sintiaekiw-38403-1-pendahul-.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sintiaekiw-38403-2-bab1.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi dan wawancara dengan guru matematika kelas VIII-E SMPN 4 Batu. Guru menggunakan metode ceramah dan masih mendominasi dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa hanya diam, memperhatikan, mendengarkan, mencatat apa yang dijelaskan guru, dan kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Ketika siswa merasa bosan mereka akan berbicara sendiri dengan teman sebangkunya dan menunggu ditunjuk oleh guru untuk mengungkapkan pendapatnya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu diterapkan etode pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dan meningkakan prestasi belajar siswa, yaitu dengan menerapkan metode Group Investigation dan Problem Solving. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Group Investigation dan Problem Solving, serta mendeskripsikan aktivitas siswa, persepsi siswa, dan prestasi belajar siswa kelas VIII-E SMPN 4 Batu melalui metode Group Investigation dan Problem Solving. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan sebanyak empat pertemuan, pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga diterapkan metode Group Investigation dan Problem Solving sedangkan pertemuan keempat dilakukan tes prestasi belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-E SMPN 4 Batu yang berjumlah 31 siswa, dan instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, lembar angket, dan lembar tes. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode Group Investigation dan Problem Solving dalam kriteria sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata keseluruhan dari tiga pertemuan yaitu 87,51%. Dari hasil analisis siswa menunjukkan aktivitas siswa mencapai kriteria baik dengan persentase rata-rata keselruhan dari tiga pertemuan yaitu 73,33%. Sedangkan hasil analisis persepsi siswa didapatkan rata-rata yaitu 74,01, sehingga persepsi siswa tentang penerapan metode Group Investigation dan Problem Solving dikategorikan baik. Prestasi siswa juga dalam kategori baik dengan rata-rata yang didapat yaitu 84,80 dan persentase siswa yang tntas adalah 80,64%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 08 Apr 2016 09:19
Last Modified: 08 Apr 2016 09:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25691

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo