UMM Institutional Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI POLYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMPI ALFALASAH KARANGGAYAM SAMPANG

SUHRIYAH, AMINATUS (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI POLYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMPI ALFALASAH KARANGGAYAM SAMPANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aminatussu-37384-1-pendahul-n.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aminatussu-37384-2-babi.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Matematika suatu ilmu universal dan bersifat abstrak yang didasari dengan perkembangan teknologi serta memilki peranan penting untuk memajukan pola pikir manusia. Pembelajaran pemecahan masalah matematika merupakan hal penting bagi siswa untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari hari. Melalui hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMPI Alfalasah Karanggayam Sampang Madura khususnya pada mata pelajaran matematika guru masih menggunakan metode lama yaitu ceramah, Tanya jawab, serta penugasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serat hasil belajar matematika materi menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakan dalam pemecahan masalah siswa kelas VII SMPI Alfalasah Karanggayam Sampang Madura. Perencanaan penelitian akan dilakukan dengan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap penyususn laporan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran pemecahan masalah dengan menggunakan strategi Polya pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif, dimana penelitian deskriptif ini dilakukan dengan cara menafsirkan data yang sudah ada yang bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa dalam pembelajaran pemecahan masalah dengan menggunakan strategi Polya pada pembelajaran matematika yang diperoleh dengan cara pengambilan data dilapangan secara langsung dari hasil tes tertulis siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan penerapan pembelajaran pemecaham masalah dengan menggunakan strategi Polya pada mata pelajaran matematika aktivitas guru dan siswa berjalan dengan lancar dan baik sesuai dengan sintak yang telah ditentukan dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPI Alfalasah Karanggayam Sampang Madura dapat dikatakan tuntas secara klasikal karena terdapat 27 siswa dari 31 siswa dinyatakan tuntas dengan persentase 84,37%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 08 Apr 2016 09:16
Last Modified: 08 Apr 2016 09:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25687

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo