UMM Institutional Repository

PERANAN OXFAM DALAM MEMBANTU PETANI KOPI MEKSIKO

Widodo, Mohamad Iqbal Zakaria (2014) PERANAN OXFAM DALAM MEMBANTU PETANI KOPI MEKSIKO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohamadiqb-37876-2-babi.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohamadiqb-37876-1-cover.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Tidak seimbangnya kekuatan pasar kopi dunia membawa efek yang buruk bagi produsen di tingkat paling bawah, yaitu petani. Petani kopi meksiko yang sebagian besar merupakan penduduk pribumi Indian dengan masalah kemiskinan yang kompleks, paling merasakan dampak buruk ini. Harga kopi yang sangat rendah menyebabkan berbagai masalah sosial dan politik, diantaranya menyebabkan peningkatan arus migrasi kaum pria ke perkotaan dan ke Amerika Serikat, dan masalah pemberontakan kaum pribumi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Oxfam di meksiko, dan aktivitas-aktivitas kampanye Oxfam dalam mengatasi masalah ini. Dalam konteks global, Oxfam melakukan kampanye fair trade sebagai tandingan dari free trade yang selama ini dikampanyekan oleh negara- negara maju. Dalam konteks nasional, program Oxfam bagi petani kopi Meksiko diantaranya memberikan pelatihan bagi petani dalam peningkatan kualitas kopi, dan melakukan bantuan advokasi untuk mempengaruh dan merubah kebijakan-kebijakan pemerintah Meksiko yang tidak berpihak pada sektor pertanian dan perkebunan. Dalam mengimplementasikan program tersebut, Oxfam bekerjasama dengan organisasi-organisasi mitra petani kopi di negara bagian Meksiko. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah deskripsi yang bertujuan untuk menggambarkan suatu fenomena dalam hal ini penulis mencoba memaparkan peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan upaya Oxfam sebagai NGOs dalam mengatasi krisis penurunan harga kopi dunia yang berdampak pada petani kopi Meksiko. Dilihat dari peranannya dalam memberikan dukungan bagi program fair trade untuk organisasi-organisasi mitra di tingkat negara bagian , Oxfam berperan sebagai donatur dalam program-program kopi fair trade dan pertanian organik. Oxfam juga melakukan advokasi bagi organisasi-organisasi petani lokal dalam membantu petani mempengaruhi kebijakan publik. Pelaksanaan kampanye fair trade dan program-program bagi petani kopi Meksiko oleh Oxfam juga dihadapkan pada kendala yang tidak sedikit. Kendala utama yang dihadapi adalah kecilnya volume pasar fair trade yang menyebabkan tidak semua petani dapat berpartisipasi di dalamnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations (64201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 08 Apr 2016 09:14
Last Modified: 08 Apr 2016 09:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25686

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo