UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN NHT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMPN 04 BATU

ANGGRAINI, VIAN (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN NHT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMPN 04 BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-viananggra-38407-1-pendahul-n.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-viananggra-38407-2-bab1.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil pengamatan dan wawancara dengan guru matematika kelas VII SMPN 04 Batu. Didapatkan bahwa Guru masih menggunakan metode ceramah dan mendominasi dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa hanya diam, mendengar dan mencatat penjelasan dari guru. Siswa memperhatikan saat guru menerangkan tetapi mereka tidak aktif, selain itu siswa menunggu ditunjuk oleh guru untuk mengungkapkan pendapatnya. Salah satu model yang mampu membuat siswa aktif dalam mengerjakan permasalahan matematika, sehingga dapat meningktkan hasil belajar siswa adalah model Problem Based Learning dengan NHT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keaktivan siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning dengan NHT. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-G SMPN 04 Batu. Data yang diperoleh melalui lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan aktivitas belajar siswa. pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dengan NHT dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan NHT sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata keseluruhan pelaksanaan pembelajaran yang mencapai persentase 86,06%. Hasil rata-rata keseluruhan aktivitas belajar siswa selama diterapkan model Problem Based Learning dengan NHT yang mencapai persentase 70,83 % dengan kriteria baik. Selain itu, hasil belajar siswa juga menunjukan baik dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 84,47, dan didapati prosentase 82,35% siswa yang tuntas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 08 Apr 2016 09:11
Last Modified: 08 Apr 2016 09:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25683

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo