UMM Institutional Repository

JURNAL ILMIAH Kebijakan Nasionalisasi Perusahaan Asing di Venezuela Studi pada Exxon Mobil dan Conoco Phillips

Setiawan, Abdul Manaf Agus (2014) JURNAL ILMIAH Kebijakan Nasionalisasi Perusahaan Asing di Venezuela Studi pada Exxon Mobil dan Conoco Phillips. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdulmanaf-38019-2-babi.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdulmanaf-38019-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Krisis merupakan indikator bahwa ekonomi berada dalam kondisi tidak stabil dalam ekonomi sebuah negara-bangsa. Terlepas krisis yang menimpa Venezuela pada tahun 80-an hinga 90-an mengubah arah kebijkan pemerintah dengan melakukan perjanjian kerjasama dengan IMF. Kebijakan dilakukan untuk memulihkan krisis yang terjadi didalam negeri. Perjanjian dengan IMF menghasilkan kesepakatan dengan syarat pembukaan investasi bagi investor asing. Pasca adanya perjanjian banyak perusahaan asing masuk dan mendominasi, negara kehilangan peran dan kontrol akibat regulasi yang dari IMF. Pada Tahun 2001 dimulailah proses nasionalisasi yang panjang hingga menghasilkan nasionalisasi secara penuh pada 2007. Kebijkan nasionalisasi sebagai cara untuk menghilangkan dominasi yang kuat dari perusahaan asing. Metode penelitian dalam tulisan ini adalah diskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan proses nasionalisasi perusahaan asing yang dilakukan pemerintah melalui beberapa tahapan dengan Undang-undang hidrokarbon sebagai landasan. Konsep nasionalisasi dan Developmental State digunakan sebagai alat bantu untuk menjelaskan dan menggambarkan proses nasionalisasi oleh pemerintah Venezuela Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dominasi perusahaan dan berkurangnya peran negara dalam mengatur kegiatan ekonomi bisa dilakukan melalui jalan nasionalisasi perusahaan asing. Venezuela berhasil memaksimalkan nasionalisasi perusahaaan asing sebagai momentum untuk menghilangkan dominasi dan kontrol oleh perusahaan asing. Terdapat perbedaan signifikan peran pemerintah Venezuela antara sesudah nasionalisasi dan sebelum nasionalisasi, yaitu dalam mengatur regulasi pajak dan royalti perusahaan asing, pemerintah menetapkan pajak 50% dan royalti sebesar 16% dari penghasilan explorasi perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 08 Apr 2016 09:05
Last Modified: 08 Apr 2016 09:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25677

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo