UMM Institutional Repository

PERSEPSI SISWA KELAS VII TERHADAP GURU MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 PAKIS TAHUN AJARAN 2013/2014

Wulandari, Isti (2014) PERSEPSI SISWA KELAS VII TERHADAP GURU MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 PAKIS TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-afidatullu-37592-1-pendahul-n.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-afidatullu-37592-2-babi.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Kualitas pendidikan yang baik tidak lepas dari kehadiran seorang guru. Sikap guru dalam mengajar menimbulkan persepsi yang berbeda terhadap gurunya. Persepsi yang baik terhadap guru membuat siswa senang dan antusias mengikuti pembelajaran, sehingga minat siswa dalam mengikuti pembelajaran akan baik. Guru yang baik perlu menguasai empat kompetensi guru profesional. Persepsi adalah suatu proses menyalurkan atau menginterpretasikan dan memberi penilaian tentang apa yang dilihat atau dialami seseorang dalam memahami dan mengartikan suatu informasi yang di dapat baik dari pengindraan, penghayatan, pengharapan dan perasaan. Bagaiman persepsi siswa kelas VII terhadap guru matematika di SMP Negeri 1 Pakis?. Menurut Chalhoun dan acocella persepsi mempunyai tiga dimensi yaitu pengetahuan, pengharapan dan evaluasi atau kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pakis kelas A, B dan C. Pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan wawancara. Pengisian angket diikuti oleh 98 siswa dan peserta wawancara berjumlah 9 siswa yang di ambil dari masing masing kelas dan mempunyai kategorikemampuan tinggi rendah dan sedang. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari dimensi pengetahuan persepsi 86 siswa (87,8%) terhadap guru matematika berkategori baik dan 12 siswa (12,2%) berkategori cukup baik. Perepsi siswa dari dimensi pengharapan 91 siswa (92,9%) berkategori baik dan 7 siswa (7,1%) berkategori cukup baik, sedangkan dari dimensi evaluasi atau kesimpulan mununjukkan bahwa 83 siswa (84,7%) berkategori baik dan 15 siswa (15,3%) berkategori cukup baik. Jadi bisa di simpulkan persepsi siswa kelas vii terhadap guru matematika di tinjau dari kompetensi guru profesional adalah baik, hal itu juga didukung dengan hasil angket terbuka dan wawancara yang mana jawaban para siswa adalah positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 08 Apr 2016 09:02
Last Modified: 08 Apr 2016 09:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25670

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo