UMM Institutional Repository

KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MATEMATIKA DI MTs MUHAMMADIYAH KOTA MALANG

KOTIMAH, KUSNUL (2014) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU MATEMATIKA DI MTs MUHAMMADIYAH KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-afidatullu-37592-1-pendahul-n.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-afidatullu-37592-2-babi.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Kompetensi kepribadian, yaitu kemempuan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan beribawa, menjadi teladan bagi peserta didik dan berakhlak mulia. Berawal dari adanya Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2014 tentang standar kompetensi kepribadian guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional di Indonesia melalui peningkatan profesionalisme guru maka peneliti tertarik untuk membahas permasalahan yang berhubungan dengan kompetensi guru mata pelajaran matematika di MTs Muhammadiyah Kota Malang. Studi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan “Bagaimana kompetensi kepribadian guru matematikadi MTs Muhammadiyah Kota Malang” Subjek pada penelitian ini mencakup seluruh guru mata pelajaran matematika di MTs Muhammadiyah Kota Malang yaitu MTs Muhammadiyah I Malang dan MTs Muhammadiyah II Malang yang berjumlah 4 responden. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan: 1) Kuesioner atau angket untuk mengetahui kompetensi guru matematika di MTs Muhammadiyah Kota Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat poin kompetensi kepribadian dibawah rata-rata keseluruhan yang harus dibenahi yaitu tentang berprilaku tegas dan manusiawi kepada siswa; 2) Wawancara untuk mengetahui seberapa pahamnya tentang kompetensi kepribadian guru yang harus dimiliki sebagai guru yang profesional. Hal tersebut ditunjukkan pada hasil analisis data dengan menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Data yang diperoleh dari angket berupa angka (skor) kemudian diolah secara statistik sederhana, yaitu berupa persentase dan rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi peneliti, guru dan pemerintah serta semua pihak tentang kompetensi kepribadian guru yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional di Indonesia melalui peningkatan profesionalisme guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:59
Last Modified: 08 Apr 2016 08:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25667

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo