UMM Institutional Repository

METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN MEDIA POSTER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP KELAS VII

DARUSSALAM, DIAN (2014) METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DENGAN MEDIA POSTER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP KELAS VII. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diandaruss-37594-2-babi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diandaruss-37594-1-pendahul-n.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Pada rancangan pembelajaran matematika, banyak guru sudah mengkombinasikan dengan metode - metode pembelajaran yang baru, namun dalam penerapannya peran guru masih terlihat dominan karena yang lebih berperan aktif adalah guru dan media pembelajaran yang digunakan masih tergolong kurang. Serta dalam mengajar guru kurang memperhatikan kemampuan berfikir siswanya sehingga pembelajaran matematika peserta didik cenderung bosan, jenuh, tidak bergairah dan mengakibatkan lambat dalam menerima pembelajaran matematika. Banyak model - model dan media pembelajaran yang bisa dipakai untuk meningkatkan kualitas peserta didiknya misalnya model pembelajaran Guided Note Taking dan media poster sebagai media pembelajaran. Dengan metode Guided Note-taking atau catatan terbimbing membantu penyampaian materi ajar dengan menggunakan hand-out. Hand-out atau catatan terbimbing ini dipersiapkan oleh guru sehingga diharapkan mampu mengoptimalkan waktu pembelajaran di kelas dan peserta didik diharapkan untuk dapat mendefinisikan suatu konsep, mengekspresikan konsep tersebut termasuk contoh atau bukan contoh serta memecahkan masalah yang berkenaan dengan konsep tersebut. Dan dengan adanya media Poster yang lebih identik dengan gambar dapat memotivasi peserta didik untuk belajar lebih fokus, di karenakan dengan gambar-gambar membantu meringankan rasa jenuh dalam pembelajaran. Penulisan makalah ini menggunakan model pembelajaran Guided Note Taking dengan mengoptimalkan media poster sebagai media pembelajaran. Penulisan makalah ini dibuat untuk mengetahui bagaimana penerapan ini diterapkan dalam pembelajaran matematika di SMP kelas VII, dan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:43
Last Modified: 08 Apr 2016 08:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25650

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo