UMM Institutional Repository

KARAKTERISTIK SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 MALANG

ZASIRA, RIZKY (2014) KARAKTERISTIK SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 18 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkyzasir-37602-1-pendahul-n.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkyzasir-37602-2-babi.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Upaya apa pun yang dipilih dan dilakukan oleh guru dan perancang pembelajaran jika tidak bertumpu pada karakteristik perseorangan siswa sebagai subyek belajar, maka pembelajaran yang dikembangkannya tidak akan ada maknanya bagi siswa. Sehingga sebelum memulai suatu proses pembelajaran, perlu mengetahui karakteristik dari siswa. Karakteristik siswa yang perlu diketahui yaitu sejauh mana siswa mampu menguasai materi pembelajaran matematika yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik siswa ditinjau dari kemampuan siswa memecahkan masalah matematika pada siswa kelas VIII-C, SMP Negeri 18 Malang Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah karakteristik siswa dalam memecahkan masalah matematika. Sumber data adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 18 Malang. Data diambil melalui pengerjaan tes untuk mengetahui kemampuan siswa setelah itu dilakukan wawancara untuk mengetahui karakteristik siswa dalam memecahkan masalah matematika. Analisis data dilakukan dengan menghitung presentase nilai pada setiap katagori untuk mengetahui karakteristik siswa dalam memecahkan masalah matematika. Hasil analisis ini menyatakan bahwa Karakteristik siswa dalam memecahkan masalah matematika SMP Negeri 18 Malang kelas VIII-C dapat disimpulkan bahwa umumnya karakteristik siswa dilihat dari kemampuan sudah cukup baik dengan persentase 59.63%. Karakteristik ditinjau dari kemampuan dalam memahami masalah mencapai 76.67%. Artinya, siswa sudah dapat menyatakan apa yang diketahui dan ditanya. Karakteristik siswa ditinjau dari kemampuan dalam merencanakan strategi penyelesaian pada soal mencapai 57.08% dan masuk katagori cukup dalam membuat strategi atau menentukan cara untuk menyelesaiakan soal. Sedangkan karakteristik ditinjau dari kemampuan dalam melaksanakan strategi penyelesaian mencapai persentase sebesar 45.14%. Hal ini menunjukkan siswa sudah bisa menyelesaikan soal dengan cukup baik. Namun masih ada beberapa siswa yang tidak dapat menyelesaiakan soal karena kurangnya pemahaman konsep-kensep dan rumus tentang materi lingkaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:10
Last Modified: 08 Apr 2016 08:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25636

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo