UMM Institutional Repository

ANALISIS KESALAHAN DAN TINDAKAN REMEDIAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN BERPANGKAT BULAT PADA SISWA KELAS X SMAN 3 MALANG

Isyaidah, (2015) ANALISIS KESALAHAN DAN TINDAKAN REMEDIAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN BERPANGKAT BULAT PADA SISWA KELAS X SMAN 3 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiap mata pelajaran memiliki Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebagai acuan penilaian, termasuk pada pelajaran matematika. Namun pada kenyataannya, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan untuk mencapai KKM dari tiap SK dan KD matematika yang telah ditentukan. Nilai KKM tidak dapat dicapai dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran sehingga menimbulkan beberapa kesalahan dalam menjawab soal. Salah dapat berarti berbeda dari seharusnya. Dengan adanya kenyataan tersebut perlu dilakukan proses identifikasi. Guru dapat membimbing siswa untuk meminimalisir kesalahan yang dilakukan oleh siswa, misalnya dengan memberikan petunjuk kecil berupa pertanyaan yang mengarah kepada kesalahan yang dilakukan siswa. Sedangkan salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh siswa adalah dengan pemberian remedial. Dalam hal ini remedial yang diberikan adalah berupa pertanyaan arahan yang bersifat memotivasi siswa, agar siswa dapat melakukan perbaikan terhadap kesalahan yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesalahan yang dilakukan siswa dari tiga jenis kesalahan dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat bulat, untuk menentukan tindakan remedial yang cocok diberikan pada siswa berdasarkan kesalahan yang dilakukan, dan untuk mendeskripsikan hasil dari tindakan remedial yang diberikan pada siswa berdasarkan kesalahan yang dilakukan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 3 Malang, yaitu 3 siswa yang paling banyak melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal atau siswa yang memperoleh nilai yang dirasa masih jauh dari standar ketuntasan balajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah jenis kesalahan konseptual adalah jenis kesalahan yang paling sering dilakukan siswa. Dalam menyelesaikan soal, seringkali siswa tidak dapat menentukan sifat untuk menyederhanakan bentuk dari bilangan berpangkat bulat, dan terkadang siswa juga tidak dapat menerapkan sifat yang dipilih dengan benar. Tindakan remedial berupa kalimat sederhana yang bersifat mengarahkan seperti meminta siswa untuk menjelaskan apakah sudah menerapkan sifat yang dipilih dengan benar adalah tindakan remedial yang paling sering digunakan, hal ini dikarenakan ketiga subjek penelitian paling sering melakukan jenis kesalahan konseptual dalam menyelesaikan soal bilangan berpangkat bulat. Berdasarkan hasil dari tindakan remedial yang dilakukan, dapat diketahui bahwa terjadi perubahan atau peningkatan pemahaman konsep, prosedur penyelesaian soal maupun perhitungan pada nilai dari suatu operasi hitung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics and Computing
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:12
Last Modified: 08 Apr 2016 08:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25631

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo