UMM Institutional Repository

ANALISA YURIDIS NORMATIF PERKARA NO. 297/Pdt.G/2010/PA.Mlg TENTANG PEMBAGIAN WARISAN TERHADAP ANAK ANGKAT

Ghozali, M. Zuniaddin (2015) ANALISA YURIDIS NORMATIF PERKARA NO. 297/Pdt.G/2010/PA.Mlg TENTANG PEMBAGIAN WARISAN TERHADAP ANAK ANGKAT. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mzuniaddin-38084-1-pendahul-n.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mzuniaddin-38084-2-babi.pdf

Download (368kB) | Preview

Abstract

Fokus utama pembahasan skripsi ini adalah tentang “Analisa Yuridis Normatif Putusan No. 297/Pdt.G/2010/Pa.Mlg Tentang Pembagian Harta Warisan Terhadap Anak Angkat” dengan latar belakang bahwa harta bersama milik pewaris, isteri pertama dan isteri kedua, telah dikuasai oleh isteri pertama dan anak angkatnya, sehingga anak-anak dari isteri kedua yang telah meninggal lebih dahulu dari pewaris menggugat bagian harta bersama milik Alm ibunya. Penelitian berupa study kasus ini, berusaha mengungkap terlebih dahulu bagaimana kasus posisi gugatan penggugat, jawaban tergugat, alat bukti penggugat dan tergugat, pertimbangan-pertimbangan dan amar putusan majelis hakim, dan baru peneliti analisa. Jenis penelitian ini adalah penelitian yuridis normatif dan pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melalui studi kepustakaan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis Normatif. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yaitu bahwa terdapat pertimbangan majelis hakim dalam perkara No. 297/Pdt.G/2010/PA.Mlg yang kurang memuat dasar hukum. Majelis hakim juga tidak secara rinci mencamtumkan bagaimana harta warisan alm. Djuwadi harus dibagikan kepada anak angkatnya dan ahli warisnya walaupun telah menyebutkan bagian masing-masing. Pembagian warisan yang diberikan kepada anak angkat besarnya 1/3 dari harta 1/3 bagian harta gono-gini Alm Djuwadi dan Ngatmini. Kemudian bagian Ngatmini ebesar ¼, dan sisanya diberikan kepada LAZIS. Begitu juga dalam menetapkan Sri Hariyati sebagai anak angkat majelis hakim menggunakan pengakuan bukan dengan penetapan Pengadilan Agama karena pada waktu diangkatnya Sri Hariyati belum terdapat undang-undang yang mengaturnya. Selanjutnya majelis hakim juga memberikan 1/3 bagian harta bersama milik alm. Rukini untuk ahli warisnya yaitu para penggugat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 08 Apr 2016 07:48
Last Modified: 08 Apr 2016 07:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25625

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo