UMM Institutional Repository

PENULISAN HUKUM PERTIMBANGAN BAGI NAPI KASUS PEMBUNUHAN YANG SUDAH MENJALANI 2/3 MASA PIDANA UNTUK MENDAPATKAN HAK PEMBEBASAN BERSYARAT (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kota Probolinggo)

ROSDIAH, NITA (2015) PENULISAN HUKUM PERTIMBANGAN BAGI NAPI KASUS PEMBUNUHAN YANG SUDAH MENJALANI 2/3 MASA PIDANA UNTUK MENDAPATKAN HAK PEMBEBASAN BERSYARAT (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kota Probolinggo). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nitarosdia-38204-1-pendahul-n.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nitarosdia-38204-2-babi.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Pembebasan bersyarat adalah suatu hak yang dimiliki oleh setiap narapidana yang menjalani masa pidana, hal ini sudah diatur dalam Undang – undang tentang pelaksanaannya. Tetapi dari beberapa fakta yang ada di masyarakat, banyak ditemukannya pemberian pembebasan bersyarat tidak objektif dan ada penyimpangan dalam pelaksanaannya yang kemudian menjadi objek penelitian hukum ini. Tujuan Penulisan Hukum ini adalah untuk mengkaji pertimbangan pemberian pembebasan bersyarat bagi napi kasus pembunuhan, pelaksanaan pemberian pembebasan bersyarat bagi napi kasus pembunuhan, dan hambatan dalam pemberian pembebasan bersyarat bagi napi kasus pembunuhan. Penelitian hukum ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis, pendekatan menggunakan undang – undang dan pendekatan konseptual. Penulis melakukan penelitian di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kota Probolinggo dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai bentuk pengumpulan data. Setelah melakukan penelitian, penulis ketahui bahwa terdapat beberapa pertimbangan dalam pelaksanaan pemberian pembebasan bersyarat bagi napi kasus pembunuhan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kota Probolinggo. Dalam pelaksanaan pembebasan bersyarat narapidana kasus pembunuhan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kota Probolinggo harus melengkapi dan memenuhi syarat - syarat substantif dan syarat administratif yang telah ditetapkan undang – undang, setelah itu baru pengusulan bisa dijalankan, dan setidaknya ada 4 hambatan – hambatan yang penulis temukan dalam pemberian hak pembebasan bersyarat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kota Probolinggo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 08 Apr 2016 07:40
Last Modified: 08 Apr 2016 07:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25621

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo