UMM Institutional Repository

UPAYA PENYELESAIAN SENGKETA TANAH HAK MILIK PERORANGAN BERBASIS ADAT ISTIADAT DI WILAYAH KECAMATAN ARJASA KEPULAUAN KANGEAN (Studi Kasus di Desa Duko)

ARIFIN, AINUR (2015) UPAYA PENYELESAIAN SENGKETA TANAH HAK MILIK PERORANGAN BERBASIS ADAT ISTIADAT DI WILAYAH KECAMATAN ARJASA KEPULAUAN KANGEAN (Studi Kasus di Desa Duko). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ainurarifi-38383-1-pendahul-n.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ainurarifi-38383-2-babi.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan kenyataannya tidak dapat dilaksanakan dalam praktek pengadilan oleh masyarakat di wilayah pulau terpencil. Melalui penyelesaian sengketa informal berbasis adat di Kepulauan Kangean diharapkan mempermudah akses masyarakat terhadap keadilan dan persamaan dalam hukum walaupun berada di wilayah terpencil. Penelitian ini mengambil rumusan masalah, Faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab terjadinya sengketa tanah hak milik perorangan di Desa Duko Kepulauan Kangean, bagaimanakah upaya penyelesaian sengketa tanah hak milik perorangan di Desa Duko Kepulauan Kangean dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam penyelesaian sengketa tanah hak milik perorangan di Desa Duko Kepulauan Kangean. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, sumber data primer diperoleh dari lapangan, sumber data sekunder dari buku, jurnal,skripsi, dan hasil penelitian terdahulu. Teknik pengumpulan data dari penelitian lapangan berupa wawancara responden yang berkaitan langsung dengan obyek yang disengketakan dan observasi langsung ke lokasi penelitian sebagai tempat pengambilan data priemer dan penelitian kepustakaan. Teknik analisa data menggunakan analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyebutkan bahwa dari data-data yang diperoleh faktor penyebab dari segi: a. tidak tertibnya administrasi para pihak. b. terjadinya wanprestasi dilakukan oleh salah satu pihak. c. tingginya sikap egois para pihak yang bersengketa. d. faktor ekonomi para pihak. Kesimpulannya, pada dasarnya faktor penyebab terjadinya sengketa kedua belah pihak karena tidak tertibnya administrasi pertanahan, meningkatnya nilai tanah secara ekonomi juga sehingga tanah yang dikuasainya akan dipertahankan. Penyebab khusus adanya wanprestasi yang dilakukan salah satu pihak. Saran, perlunya pemahaman terhadap para pihak terkait pendaftaran tanah, adanya ketegasan dari kepala desa/adat sebagai mediator.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 08 Apr 2016 07:33
Last Modified: 08 Apr 2016 07:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25619

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo