UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI ASAS PERADILAN CEPAT DAN BIAYA RINGAN PADA TAHAP PENUNTUTAN DALAM PERADILAN TINDAK PIDANA KORUPSI (Studi Di Kejaksaan Negeri Kota Malang)

Sugianto, Arjo Muji (2015) IMPLEMENTASI ASAS PERADILAN CEPAT DAN BIAYA RINGAN PADA TAHAP PENUNTUTAN DALAM PERADILAN TINDAK PIDANA KORUPSI (Studi Di Kejaksaan Negeri Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arjomujisu-38384-1-pendahul-n.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arjomujisu-38384-2-babi.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Suatu landasan asas atau prinsip merupakan dasar patokan hukum yang melandasi penerapan suatu hukum formil, asas cepat, biaya ringan menjadi salah satu asas yang sering tidak bisa dimaksimalkan dalam penerapannya terutama untuk yang menjadi fokus penelitian, yaitu dalam perkara Tindak Pidana Khusus. Dalam tahapan penuntutan, yaitu pada segala tahapan proses penyelesaian perkara di Kejaksaan, dalam hal ini yang dijadikan tempat penelitian oleh penulis adalah Kejaksaan Negeri kota Malang, disahkannya suatu UU baru terkait Tindak Pidana Korupsi, tidak secara komprehensif membawa efek positif dalam pengimplementasiannya, UU No. 46 Tahun 2009 tentang Pengadilan Tindak Pidana Korupsi contohnya menyebabkan beberapa kendala yang menyebabkan tidak tercapainya pengimplementasian asas cepat, biaya ringan. Penelitian ini mengambil rumusan masalah Bagaimana persepsi JPU terhadap asas peradilan cepat dan biaya ringan dalam peradilan tindak pidana korupsi di tahap penuntutan, Apa Kendala JPU dalam mengimplementasikan asas peradilan cepat dan biaya ringan pada peradilan tindak pidana korupsi di tahap penuntutan dan Bagaimana upaya yang dapat dilakukan JPU guna memaksimalkan implementasi asas peradilan cepat dan biaya ringan dalam peradilan tindak pidana korupsi di tahap penuntutan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, umber data primer diperoleh langsung dari lokasi penelitian dan sumber data skunder dari dokumentasi resmi, dan peraturan perundang-undangan serta teknik engumpulan datanya berupa wawancara, interview dan observasi langsung ke lokasi penelitian di Kejaksaan Negeri Kota Malang sebagai tempat pengambilandata primer. Hasil penelitian tersebut dianalisa secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian pengimplementasian asas cepat dan biaya ringan pada tahap penuntutan di terkendala dari jarak pengadilan tipikor yang jauh sebagai efek dari kebijakan UU Pengadilan Tipikor yang baru, keindependenan seorang jaksa yang kontradiktif dari segi kedudukan dan kewenangannya, dan sistem birokrasi yang cenderung memperlambat pelimpahan suatu perkara tipikor ke pengadilan tipikor. Kesimpulannya jaksa masih sulit menerapkan asas cepat dan biaya ringan karena masih terkendala jauhnya jarak pengadilan tipikor sebagai efek kebijakan suatu regulasi dan masih belum leluasa dalam bertindak karena kedudukan dan kewenangan kejaksaan yang kontradiktif dan sistem birokrasi yang masih terkesan memperlambat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 08 Apr 2016 07:30
Last Modified: 08 Apr 2016 07:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25618

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo