UMM Institutional Repository

Penyitaan Barang Bukti Dalam Penyidikan Tindak Pidana Narkotika Oleh Penyidik Polri ( Studi Pada Satuan Reserse Narkoba Polres Malang )

Fashab, Demokratos Guntur (2015) Penyitaan Barang Bukti Dalam Penyidikan Tindak Pidana Narkotika Oleh Penyidik Polri ( Studi Pada Satuan Reserse Narkoba Polres Malang ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-demokratos-38386-2-babi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-demokratos-38386-1-pendahul-n.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Kajian ini memusatkan perhatian pada masalah penyitaan barang bukti dalam tindak pidana narkotika. Dalam prakteknya seringkali penyitaan barang bukti oleh penyidik tidak sesuai dengan peraturan yang ada dalam KUHAP, misalnya pada saat melakukan penyitaan tidak menunjukkan bukti surat perintah penyitaan dari Pengadilan Negeri setempat, dan masalah hukum lainnya. Adapun faktor permasalahan yang dikaji adalah yang pertama, Bagaimana proses serangkaian tindakan pelaksanaan penyitaan dan atau menyimpan barang bukti perkara tindak pidana narkotika dalam proses penyidikan? kedua, Bagaimana resiko dan tanggung jawab penyitaan terhadap rusak atau hilangnya barang bukti yang disita oleh penyidik? Sumber data primer diperoleh dari lapangan dengan cara melakukan wawancara dengan Kasat Resnarkoba dan sumber data sekunder diperoleh dari dokumen tertulis dan peraturan perundang- undangan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Yuridis Empiris. Melalui metode penelitian tersebut memperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan penyitaan barang bukti narkotika oleh penyidik Unit Resnarkoba Polres Malang masih sering terjadi lalai atau tidak cermat pada saat melakukan penyitaan, sebab tidak menunjukkan surat perintah penyitaan dan tidak memperlihatkan benda apa saja yang akan di sita dari tersangka. Selain itu aspek lainnya adalah resiko dan tanggung jawab apabila penyidik menghilangkan barang bukti. Dalam hal ini yang penting adalah penyidik akan mendapatkan hukuman baik dari intern hukuman disiplin dari Polri maupun secara ektern yaitu penyidik dapat di pra peradilankan oleh pihak yang dirugikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 08 Apr 2016 07:26
Last Modified: 08 Apr 2016 07:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25615

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo