UMM Institutional Repository

MODEL KOMUNIKASI CORPORATE DALAM MENJAGA LOYALITAS PUBLIKNYA Studi pada Program Djarum Beasiswa Plus Angkatan 2011 di Malang

Nasrudin, Heru (2015) MODEL KOMUNIKASI CORPORATE DALAM MENJAGA LOYALITAS PUBLIKNYA Studi pada Program Djarum Beasiswa Plus Angkatan 2011 di Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-herunasrud-38436-1-pendahul-n.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-herunasrud-38436-2-bab1.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas keberhasilan Corporate Communications Djarum Foundation dalam waktu lebih dari seperempat abad telah memberikan beasiswa kepada 7.000 lebih mahasiswa. Beragam Kegiatan yang diberikan Djarum Foundation melalui Djarum Beasiswa Plus mampu membuat Beswan Djarum loyal. Oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana Corporate Communications Djarum Foundation menjaga loyalitas Beswan Djarum Malang melalui model komunikasi yang diterapkannya. Dalam penelitian ini, digunakan model komunikasi dari Wilbur Schramm sehingga memudahkan dalam mengkategorikan dan menyajikan data pada pembahasan. Sedangkan untuk analisis dan menyimpulkan hasil penelitian menggunakan Model Komunikasi Public Relations James E.Grunig Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informasi dan data yang digunakan telah dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Corporate Communication staff dalam hal ini sebagai Pembina Beswan Djarum dan Beswan Djarum yang loyal menjadi subjek dalam penelitian ini. Teknik penentuan subjek adalah purposisive sampling. Dimana karakteristik subjek ditentukan oleh peneliti. Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan, disimpulkan bahwa model komunikasi yang mencerminkan proses Corporate Communication Djarum Foundation dalam menjaga loyalitas publik adalah model Asymmetrical Two Way Communication. Yaitu model komunikasi dua arah, dan penyampaian pesan-pesan menggunakan persuasive public. Dalam menjaga Loyalitas, pesan loyalitas selalu disampaikan melalui pertemuan langsung maupun tak langsung baik berkelompok maupun personal. Diawal program, kesempatan bagi Djarum untuk memberikan gambaran dan penyatuan pandangan melalui komunikasi persuasive sehingga Beswan Djarum Malang angkatan 2011 (27) mau bekerja sama dan terbuka kepada organisasi. Pesan yang disampaikan berisikan gambaran program unggulan dan keuntungan menjadi bagian dari Djarum Beasiswa Plus, motivasi serta nasihat-nasihat kehidupan untuk tetap menjaga solidaritas dan silaturahmi. Pesan tersebut disampaikan dengan penuh kekuatan emosional kekeluargaan layaknya komunikasi bapak dengan anaknya. Selalu menjalin komunikasi secara terbuka dua arah kepada Beswan Djarum Malang angkatan 27, namun pihak Djarum sebagai Corporate yang menjaga komunikasi dan loyalitas publiknya memiliki kekuasaan untuk selalu mendominasi inisiatif komunikasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 08 Apr 2016 06:31
Last Modified: 08 Apr 2016 06:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25605

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo