UMM Institutional Repository

STRATEGI HUMAS PEMKAB PONOROGO DALAM MENANGANI EKSPOSE KAMPUNG IDIOT DI MEDIA (TAHUN 2011-2013)

Manderawati, Aang (2014) STRATEGI HUMAS PEMKAB PONOROGO DALAM MENANGANI EKSPOSE KAMPUNG IDIOT DI MEDIA (TAHUN 2011-2013). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aangmander-36422-1-pendahul-n.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aangmander-36422-2-babi.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Humas dalam menciptakan citra yang baik menggunakan metode atau strategi tertentu sesuai dengan permasalahan yang dihadapi. Baik faktor pendukung internal maupun faktor pendukung eksternal yang ada di lingkungan kerja humas. Demikian halnya dengan humas Kabupaten Ponorogo yang memiliki strategi tertentu dalam bekerja khususnya dalam menangani ekspose kampung idiot. Pemberitaan kampung idiot di media menggambarkan masyarakat yang kekurangan gizi dan berada di bawah garis kemiskinan selama puluhan tahun tanpa ada penanganan dari pemerintah setempat. Pemberitaannya cenderung negatif dan menyudutkan pemerintahan Kabupaten Ponorogo. Strategi untuk setiap permasalahan tentulah berbeda jika kita ingin mengetahui kegiatan atau kebijakan pemerintah kabupaten atau kota. Humas pemerintah harus memiliki strategi yang baik untuk menangani permasalahan yang dihadapi sekaligus mendapatkan citra yang baik oleh pemerintah itu sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Strategi apa yang dilakukan humas pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam menangani ekspose kampung idiot di media? Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam menentukan informan penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, informan dalam penelitian ini adalah humas pemkab Ponorogo. Lokasi penelitian berada di kantor humas Pemkab Ponorogo di Jalan Alun-alun Utara no 1 Kabupaten Ponorogo. Untuk memperoleh data yang diperlukan, peneliti menggunakan teknik (a) wawancara (b) dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Membuat catatan lapangan (2) Membuat catatan penelitian (3) Mengelompokkan data sejenis (4) Melakukan interpretasi atau penguatan Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Strategi yang dilakukan humas Pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam menangani ekspose kampung idiot di media adalah: (a) Mengelola Relasi, relasi tugas dan relasi pribadi, dengan selalu menghubungi media dalam setiap kegiatan melalui surat dinas, bbm, facebook, dan website (b) Mengembangkan Strategi Humas, dengan terus mengembangkan materi humas dan menggunakan banyak media sebagai alat penyampaian semua kegiatan humas kepada masyarakat berupa website dan tabloid bulanan serta selalu mengajak media pers untuk makan-makan untuk menjaga hubungan baik (c) Mengembangkan jaringan, dengan terus menjalin kerjasama dengan wartawan lokal maupun nasional serta berbagai pihak, seperti dengan kementrian sosial (2) Tercapainya Hubungan Antara Humas dengan Media Terhadap Pemberitaan Kampung Idiot, dengan adanya hubungan yang baik dengan media, pemberitaan kampung idiot di media menjadi jarang diberitakan, bahkan tidak diberitakan lagi akhir-akhir ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Apr 2016 04:41
Last Modified: 08 Apr 2016 04:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25600

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo