UMM Institutional Repository

VIDEO KLIP MUSIK DALAM MAINSTREAM POSTMODERNISME (Analisis Semiotik pada Video Klip Musik "Gentleman" yang Dipopulerkan Oleh PSY)

ROHMAH, CITRA JAUHAR (2014) VIDEO KLIP MUSIK DALAM MAINSTREAM POSTMODERNISME (Analisis Semiotik pada Video Klip Musik "Gentleman" yang Dipopulerkan Oleh PSY). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-citrajauha-36424-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-cristinrah-36464-2-babi.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Seni postmodern, berangkat dengan kesadaran akan adanya hubungan erat antara milik sendiri dan orang lain. Karena itulah postmodern menganut gaya multivance yang menyukai perbedaan dan keanekaragaman. Implikasinya terlihat pada budaya populer seperti, video klip musik yang memberikan pesan, hiburan kepada penonton dengan suguhan gambar-gambar yang saling bertentangan, bercampur serta melebur menjadi satu, yang asli dan palsu sehingga tiada lagi makna yang bersifat objektif. Dalam video klip musik "Gentleman" yang dipopulerkan oleh PSY menghadirkan sosok gentleman yang berbeda, dengan sesuatu yang tidak selaras, cenderung bertentangan dan yang berangkat menuju kehidupan sehari-hari. Sehingga ketika audiences menikmati karya tersebut harus membutuhkan interpretasi yang dalam. Berangkat dari pemikiran yang demikian maka mendasarkan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana mainstream postmodernisme dalam Video Klip Musik "Gentleman" yang di populerkan oleh PSY . Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Interpretatif, dengan menggunakan model semiotika komunikasi. Unit Analisisnya adalah per-larik lagu yang terdiri dari kalimat dan visual yang muncul serta sesuai dengan perumusan masalah. Teknik analisa data menggunakan konsep signifikasi dua tahap Roland Barthes, yang menyertakan makna denotasi, konotasi serta mitos yang ada, sehingga berperan membaca teks dalam dimensi sosial yang berkaitan dengan konteks relasi sosial di balik teks. Kemudian didekonstruksi dengan membongkar makna antara penanda-petanda, yang mengkaitkannya dengan tipe shot, pergerakan kamera, teknik angle selanjutnya diuraikan dengan menggunakan teori simulasi Baudrillard yang berusaha mengungkap makna dibalik citra dan tanda yang muncul. Berdasarkan hasil analisa data pada video klip musik "Gentleman" yang dipopulerkan oleh PSY. Maka dapat disimpulkan, Pertama video klip musik memberikan gambaran mengenai realitas masyarakat modern dengan sosok Gentleman di Korea Selatan, yang menunjukkan kemampuan manusia berkuasa didukung dengan segala teknologi yang ada. Kedua reaksi pemikiran modern yang berlebihan dalam MV ini, terlihat terus menerus memanipulasi manusia sehingga memunculkan sebuah kebudayaan baru, yang memunculkan sebuah sistem tatanan sosial, masyarakat konsumtif, hedonis dan lainnya. Ketiga, karakter Gentleman yang terus menerus didekonstruksi yang akhirnya menimbulkan makna baru dan berubah menjadi mitos yang akhirnya membentuk ideologi yang tertanam pada masyarakat tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Apr 2016 04:35
Last Modified: 28 Feb 2018 06:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25598

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo