UMM Institutional Repository

Kecenderungan Perilaku Publik Pada Program Pelestarian Batik Khas Mojokerto

Putri, Desy Yudiana (2014) Kecenderungan Perilaku Publik Pada Program Pelestarian Batik Khas Mojokerto. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desyyudian-36425-1-pendahul-n.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desyyudian-36425-2-babi.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Pemerintah Kota Mojokerto saat ini sedang giat dalam melestarikan batik khas Mojokerto. Beberapa program-program sudah dilaksakan oleh Pemerintah guna meningkatkan kemunculan pengerajin batik baru yang bisa tersebar di Kota Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana kecenderungan perilaku public pada program pelestarian batik khas Mojokerto apa saja pengetahuan mereka, bagaimana sikapnya dan tindakan seperti apa yang mereka lakukan dalam program pelestarian tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif dan purposive sampling dengan lima orang subjek penelitian berkriteria yang mengetahui pasti bagaimana program pelestarian batik. Analisa menggunakan model interaktif Miles dan Huberman serta dihubungkan dengan kecenderungan perilaku yakni pengetahuan akan program pelestarian, sikap yang ditunjukkan dan tindakan pada program pelestarian batik tersebut. Hasil penelitian dan analisa data menunjukkan adanya kecenderungan perilaku yang dilakukan public pada program pelestarian batik khas Mojokerto. Dari pengetahuan akan program pelestarian yang dilakukan oleh Pemerintah, Sikap yang ditunjukkan public yang mendukung serta menyetujui adanya program tersebut. Dan usaha-usaha atau tindakan yang mereka lakukan seperti membuat pelatihan membatik dan memperkenalkan batik ke generasi muda melalui pelajaran muatan local di SD se-kota Mojokerto, serta pameran-pameran batik yang diselenggarakan didalam maupun luar Mojokerto. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rata-rata subjek penelitian telah mengetahui akan adanya program pelestarian batik khas Mojokerto, dari sisi sikap yang mereka menunjukkan kesetujuannya pada setiap program pelestarian, sedangkan dalam usaha atau tindakan dalam penelitian ini public cenderung mendukung seluruh program yang ada dengan selalu memberikan pelatihan batik dan mengajarkan batik di SD se-kota Mojokerto. Namun ada pula beberapa tindakan subjek yang menolak adanya program pelestarian batik karena pelatihan yang di buat oleh Pemerintah Kota dirasa kurang detail. Hal ini dikarenakan SDM yang ada kurang memenuhi karena rata-rata SDM yang ada kebanyakan bekerja sebagai buruh pabrik daripada menjadi pengrajin batik. Adapun implikasi dari penelitian ini adalah dapat dijadikan masukkan untuk pemerintah Kota dalam program pelestarian batik yang lebih baik. Mengemas program pelatihan batik dengan lebih detail dan maksimal selama beberapa hari, menyeleksi peserta yang benar-benar mau menjadi pengrajin batik dan juga Pemerintah Kota bisa bekerjasama dengan GKBI (Gerakan Koperasi Batik Indonesia) membuka kembali Koperasi Batik yang sempat berhenti beroperasi karena dapat membantu mempermudah peserta pelatihan batik yang ingin mengembangkan usahanya dengan lebih mudah juga menjadi jembatan anatara Pemerintah Kota dengan Pengrajin Batik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Apr 2016 04:32
Last Modified: 08 Apr 2016 04:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25597

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo